Kawah Rengganis jadi Destinasi Wisata Alam yang Banyak Dikunjungi saat Berlibur ke Bandung

Kawah rengganis bisa digunakan untuk mandi sebagai terapi kesehatan
Bandung merupakan kota wisata yang wajib masuk ke dalam list tempat yang akan dikunjungi saat liburan.
 
Kawah Rengganis, Foto: Instagram @mhmmd_fndy20

BANDUNG – Wilayah ini mempunyai beragam keindahan di setiap sudutnya, dengan nuansanya yang asik sehingga mampu memberikan kesan yang sulit untuk dilupakan.

Keindahan alam Kota Bandung lebih tepatnya terletak di kawasan Ciwidey. Di sana terdapat gunung yang indah dan menyimpan wisata alam yang begitu menakjubkan.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah

Salah satu destinasi wisata alam yang ada di gunung adalah Kawah Rengganis atau Kawah Ciwidey. Kawah ini menyuguhkan keindahan alam yang menawan dan eksotis.

Kawah ini hadir akibat dampak dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi beberapa juta tahun yang lalu. Nama Rengganis memang baru-baru saja terdengar sebab kawah ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Cibuni.

Perubahan nama ini terjadi akibat perubahan pengelolaan wilayah di kawasan Ciwidey, di mana saat ini dikelola oleh Agrowisata Rancabuli. Dengan pergantian pengelolanya maka objek wisata ini pun berubah dengan baik.

Kawah Rengganis memiliki memiliki keindahan alam yang sangat asri dan pemandangan pepohonannya menjulang tinggi membuat wisatawan nyaman. Selain itu, di kawah ini para wisatawan tidak akan mencium bau belerang yang menyengat.

Selain itu, fakta uniknya bahwa air kawahnya bisa digunakan untuk mandi sebagai terapi kesehatan. Hal ini dikarenakan kawah ini dilalui air sungai yang cukup jernih dan bersih, sehingga aman jika digunakan untuk berendam.

Berendam di tempat ini akan membuat tubuh rileks, karena air ini bercampur dengan sumber air panas. Selain itu, kadar belerang yang terdapat pada air dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Kawah rengganis juga sering dijadikan tempat spot foto, sebab formasi batuan alamnya yang berasap menciptakan pemandangan indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Destinasi Wisata Alam yang Lagi Populer di Boyolali Jawa Tengah 

Fasilitas Kawah Rengganis juga terbilang lengkap, sebab di sini disediakan beberapa fasilitas yang bisa membuat para pengunjung nyaman.

Untuk urusan perut, di kawasan ini menawarkan berbagai jenis kuliner yang terdapat di warung, tentunya bisa membuat perut kenyang. Makan sambil menikamti pemandangan Kawah Rengganis tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Contohnya saja menyantap mie instan, tentunya akan jauh lebih nikmat jika disantap di hawa yang sejuk seperti Kawah Rengganis ini. Di sekitar kawah juga terdapat penginapan bagi yang ingin beristirahat.

Tempat wisata ini buka pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Kawah ini terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung dikenakan tarif yang tidak begitu mahal, yaitu sebesar Rp 5.000 saja. Parkir motor dikenakan tarif Rp 5.000 sedangkan mobil Rp 10.000.