Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah

Pantai Sumbukan konon jadi pintu masuk ke 13 Nyi Roro Kidul menuju Kasunan Surakarta
Wisata pantai sepertinya menjadi tujuan wisata favorit bagi seluruh kalangan masyarakat dan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat atau rekan kerja.

Pantai Banyu Tibo, Foto: Instagram @mufidah.nadia

WONOGIRI - Tiap daerah di Indonesia memiliki wisata bahari yang menawarkan suasana liburan yang berbeda dan seru.

Wonogiri, sebuah provinsi di Jawa Tengah, memiliki deretan pantai eksotik yang begitu indah dan menawan yang pantas untuk dikunjungi.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Bintang 3 dan 4 yang Jadi Penginapan Ternyaman di Sabang

Berikut beberapa wisata pantai terpopuler di Kabupaten Wonogiri yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Pantai Sembukan

Pantai ini menyuguhkan sejuta pesona alam yang indah dan mitos-mitos yang tersembunyi di balik tebing karangnya yang besar. Kawasan ini konon merupakan pintu masuk ke 13 Nyi Roro Kidul menuju Kasunanan Surakarta. Karena itu, pantai ini memiliki aturan yang hampir sama dengan Pantai Selatan atau Pantai Parangtritis.

Pantai Sembukan adalah salah satu tujuan paling terkenal untuk kegiatan spiritual.

Selain terkenal akan mitos dan aktivitas spiritualnya, pantai di kawasan Dusun Sembukan ini memiliki keindahan alam yang begitu memanjakan mata. Para wisatawan tidak akan menyesal jika berkunjung di Pantai Sembukan ini.

Baca Juga: 2 Wisata Alam yang Jadi Tempat Terbaik untuk Healing di Magetan Jawa Timur

Pantai Kalimarah

Pantai Kalimarah terletak di Desa Gudanharjo. Pantai ini masih sangat asri dan bersih karena belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Di sini wisatawan akan langsung menemukan laut lepas dengan air biru jernih. Mendengar suara ombak di sini pasti akan sangat menenangkan pikiran yang sedang keruh.

Tak hanya itu, keindahan pantai ini terletak pada pasir putihnya yang belum tercemar. Bersama dengan batu-batu di sekitarnya, hal ini akan membuat pengunjung semakin betah untuk bersantai di Pantai Kalimarah.

Dari kejauhan para pengunjung juga bisa melihat bebatuan menjulang yang diselimuti lumut dan tumbuhan.

Pantai Banyu Tibo

Berbicara tentang keindahannya, sepertinya kata indah dan cantik saja tidak cukup untuk menggambarkan kawasan Pantai Banyu Tibo ini.

Begitu masuk, wisatawan akan melihat air terjun yang indah. Di mana air terjunnya jatuh langsung ke pantai. Sangat unik, sebab pengunjung bisa melihat air terjun dan laut sekaligus secara bersamaan.

Suasananya syahdu karena terletak di pedesaan Widoro. Selain itu ada juga warung di pinggir pantai dengan banyak pilihan menu yang menarik dan tentunya enak.