Cara Mencari Siaran ANTV Yang Hilang di Set Top Box

Pastikan antena outdoor saat pemasangan di posisi yang tinggi
Siaran ANTV tiba-tiba menghilang, padahal sebelumnya siaran ini sudah tersimpan, bisa dicoba untuk mencarinya melalui perangkat resmi, lolos uji yaitu, Set Top Box (STB) dan telah dikeluarkan sertifikasi oleh Kominfo.

Ilustrasi cara mencari siaran ANTV hilang di Set Top Box (STB). Foto: Freepik.

Mungkin hal ini juga ada penyebabnya siaran ANTV tiba-tiba biasa hilang, diataranya yang menjadi alasan utama yang perlu untuk diketahui, karena bisa saja lokasi jauh dari pemancar sinyal, sehingga sinyal yang ditangkap oleh antena tidak maksimal.

Selain itu, juga ada kaitan dengan yang namanya kualitas dan model antena tersebut. juga sangat berpengaruh dengan banyaknya siaran yang didapatkan.

Dengan mengalami hal seperti diatas, maka di sarankan bagi pengguna bisa menggatikan antena indoor beralih dengan menggunakan antena outdoor pastikan saat pemasangan-nya di posisi yang tinggi agar bisa menikmati siaran ANTV.

Selain meletaknya antena lebih tinggi agar frekuensi sinyal TV digital yang didapatkan bisa lebih maksimal atau sempurna, sehingga kemungkinan besar siaran ANTV yang hilang di STB bisa kembali lagi.

Kebanyakan kasus channel TV digital yang sering hilang dialami oleh yang menggunakan antena indoor. Antena indoor memang praktis, tetapi ada sedikit kekurangan hal ini bisa saja jangkauan sinyalnya kurang bagus, dikarenakan dengan banyaknya hambatan ataupun penghalang dalam ruangan, seperti tembok serta benda lainnya yang menyebabkan jangkauan antena semakin lemah.

Berbeda dengan antena outdoor yang memiliki jangkauan sinyal lebih luas dan minim dari segala penghalang frekuensi, karena posisi lebih tinggi apa lagi bebes dari hambatan sepaerti antena indoor.

Selain itu, juga harus menyesuaikan arah antena outdoor dengan benar, pastikan posisi antena mengarah ke pemancar sinyal terdekat dari lokasi tempat tinggal yang mengalami siaran ANTV hilang, agar lebih praktis. Untuk membantu menemukan arah pemancar sinyal, bisa mengunduh aplikasi sinyal TV digital di playstore.

Bisa juga mengubah ulang siaran digital di STB yang digunakan. Set top box (STB) memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengubah siaran TV.

Tentunya opsi ini umumnya ada pada menu pengaturan dibagian "program". Contohnya, yang menggunakan STB Matrix Apple HD untuk mengubah ulang siaran ANTV di TV digital. Ini ada beberapa cara ketika mau mengubah.

- Cara yang pertama bisa hubungkan Set Top Box (STB) ke TV.

- Kemudian colokkan antena ke Set Top Box (STB).

- Nyalakan Set Top Box (STB) dan TV-nya.

- Lalu tekan tombol "Menu" pada remote - Set Top Box (STB) kemudian pilih "Search".

- Pada bagian Search Mode pilih "DVB-T2", Search Type All, Country/Region Indonesia, Antena Power On.

- Setelah itu lakukukan pilihan "Auto Search" lalu tekan "OK" diremote Set Top Box( STB).

- Tunggu ya proses perobahan ulang siaran TV digital sampai selesai.

Upgrade Software Set Top Box. Setiap Set Top Box juga memiliki versi software yang berbeda, apa bila software-nya sudah lama tidak di update mungkin bisa saja menjadi penyebabnya siaran ANTV hilang di Set Top Box. Berikut ada juga disediakan firmware gratis untuk model Set Top Box ini.

- Firmware Set Top Box (STB) Advance STP-A01

- Firmware Set Top Box (STB) Noise Diamond

- Firmware Set Top Box (STB) Welhome Crown

Reset Ulang Set Top Box. Hilangnya siaran ANTV di TV digital bisa jadi disebabkan sistem Set Top Box yang tidak berfungsi dengan baik.

Mereset ulang berarti mengembalikan semua pengaturan Set Top Box seperti awal lagi. Mengembalikan pengaturan bahasa, kode pos dan opsi lainnya seperti pertama kali menghidupkan Set Top Box- nya.

Pemakai antena parabola mungkin pernah mengalami channel ANTV hilang secara tiba - tiba. Ini pasti mengganggu aktivitas dan kenyamanan menonton beragam acara yang menarik.

ANTV merupakan salah satu stasiun penyiaran televisi swasta nasional yang cukup populer. Memiliki program acara bervariasi terbilang lengkap untuk kalangan anak-anak, remaja bahkan orang tua.

Tak heran jika suntik mati TV analog ke siaran digital muncul beberapa kendala yang membuat penikmat siaran ini kebingungan. Salah satu kendala yang dihadapi ialah siaran ANTV yang hilang di set top box.

Dengan adanya penjelasan diatas semoga bermamfaat bagi yang telah merasa kehilangan sebuah channel favorit yaitu ANTV, mudah-mudahan apa yang jadi kendala bisa teratasi dan dapat pulih kembali separti biasa.