Rekomendasi 3 Destinasi Wisata Alam yang Lagi Populer di Boyolali Jawa Tengah

Di lereng Gunung Merbabu banyak terdapat pendakian air terjun yang bisa dijadikan tempat wisata.
Boyolali adalah sebuah daerah di Jawa Tengah yang punya banyak destinasi wisata.

Gunung Merbabu, Foto: Instagram @sigitsantosa44

BOYOLALI - Banyak orang yang tidak tahu tentang berbagai wisata yang ada di Boyolali. Berbeda dengan kota wisata lain di Jawa Tengah seperti Semarang dan Yogyakarta, wisata di Boyolali memang tidak sepopuler wisata di kedua kota tersebut.

Namun Boyolali sebenarnya memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah. Keindahan wisata alam Boyolali akan membuat para wisatawan terkagum-kagum dan ingin kembali lagi.

Alam Boyolali menyuguhkan beragam wisata yang cocok untuk dimasukkan ke dalam list liburan. Beberapa tempat wisata tidak hanya instagramable, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diketahui.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Berikut ini beberapa tempat wisata alam yang lagi populer dan hits di Boyolali.

Gunung Merbabu

Gunung legendaris terdapat di Boyolali, gunung tersebut beranama Gunung Merbabu. Gunung Merbabu sama halny dengan Gunung Merapi dalam administratif, yaitu meliputi beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah, seperti Kabupaten Semarang dan Magelang.

Ketinggian yang dimiliki Gunung Merbabu adalah 3.145 mdpl, dan gunung ini merupakan tempat yang populer bagi para pendaki.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Pendakian yang Sering Dikunjungi di Mojokerto Jawa Timur 

Namun ada beberapa hal yang perlu untuk diperkirakan sebelum mendaki, sepertu potensi udara dingin dan kabut tebal, sulit mendapatkan sumber mata air serta potensi hujan lebat.

Ada beberapa jalan atau rute pendakian yang biasa digunakan untuk menuju Gunung Merbabu, yaitu jalur Suwating, jalur Kopeng, jalur Selo, dan jalur Wekas. Selain itu, di lereng Gunung Merbabu banyak terdapat pendakian air terjun atau curug yang juga bisa dijadikan tempat wisata.

Bukit Gencik Selo

Bukit Gancik Selo merupakan destinasi wisata alam yang menyuguhkan tempat-tempat yang instagrammable dan menjadi pertanda akhir pendakian semakin dekat.

Jalan menuju Bukit Gancik Selo dapat ditempuh dengan melalui pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Selo. Bukit Gancik Selo atau disebut juga Gancik Hill Top merupakan tempat peristirahatan yang nyaman bagi yang ingin mendaki Gunung Merbabu.

Keindahan Bukit Gancik Selo sering digambarkan sebagai negeri di atas awan dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang dapat memanjakan mata.

Lokasi Bukit Gancik Selo berada di alamat Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Bukit Gencik buka 24 jam penuh, dan harga tiket masuk Bukit Gancik Selo termasuk murah, hanya Rp. 5.000 saja.