Rekomendasi 3 Wisata Pendakian yang Sering Dikunjungi di Mojokerto Jawa Timur

Ketinggian puncak Gunung Penanggungan mencapai 1653 meter di atas permukaan laut
Mojokerto adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terletak sekitar 50 km barat daya Surabaya.
 
Gunung Penanggungan, Foto: Instagram @rahmatdanangg_photo

MOJOKERTO - Meski merupakan sebuah kota, Mojokerto memiliki kekayaan alam yang tak ternilai dan selalu menarik untuk dikunjungi.

Mojokerto terkenal sebagai tujuan wisata dengan pemandangan alam yang indah. Tak heran, sebagian wilayah Mojokerto ini terdiri dari pegunungan. Jadi bagi yang mencari tempat wisata dengan latar belakang perbukitan, Mojokerto adalah surganya.

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan tak kalah populer dengan Gunung Anjasmoro dan juga menjadi salah satu wisata pendakian yang digemari banyak orang di Mojokerto. Gunung Penanggungan dikenal sebagai gunung berapi aktif di Kabupaten Trawas Mojokerto.

Ketinggian puncaknya yang mencapai 1653 meter di atas permukaan laut membuat pengunjung dapat merasakan suasana sejuk dan asri saat berada di pegunungan ini.

Dari puncak Gunung Penanggungan, para wisatawan bisa melihat pemandangan alam Gunung Arjuno Welirang, Anjasmoro, Bromo dan Semeru yang sangat indah. Gunung ini dikenal memiliki dua jalur pendakian yang bisa dipilih, pertama jalur Tamiajeng dan kedua jalur Jolotundo.

Tempat ini bisa diakses kapan saja, sebab buka 24 jam. Sedangkan harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 per orangnya.

Bukit Krapyak

Pegunungan di kaki Gunung Welirang ini disebut Bukit Krapyak, ketinggian bukit ini kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut. Untuk melihat pemandangan Bukit Krapyak yang indah dan mempesona, wisatawan harus menaiki sekitar 500 anak tangga.

Bukit ini juga menawarkan tempat berkemah, karena kawasannya yang luas dan asri merupakan pilihan yang tepat untuk camping.

Di bukit ini para wisatawan yang berkunjung juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari yang akan membuat liburannya semakin tak terlupakan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa memasuki tempat ini tidak terlalu mahal, hanya Rp 10.000. Jam operasionalnya juga 24 jam.

Bukit Krapyak ini berlokasi di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

Watu Jengger

Watu Jengger ini dikenal sebagai salah satu tujuan destinasi pendakian paling kekinian dan terpopuler di Mojokerto. Karena ketinggiannya 1100 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikan gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Baca Juga: Ini Dia 2 Air Terjun yang Jadi Wisata Alam Terpopuler di Mojokerto Jawa Timur

Watu Jengger juga dikenal memiliki banyak tempat menarik yang bisa digunakan untuk berfoto. Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah, namun juga dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar.

Untuk memasuki kawasan pendakian ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Watu Jengger terletak di Nawangan, Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.