Ini Dia 2 Air Terjun yang Jadi Wisata Alam Terpopuler di Mojokerto Jawa Timur

Di kawasan Watu Ondo ada gua tempat persembunyian dan penyimpanan makanan tentara Jepang
Mojokerto yang biasa dikenal dengan Bumi Majapahit ini terletak di Jawa Timur

Watu Lumpang, Foto: Instagram @rahmatdhaniputrav

MOJOKERTO – Di wilayah ini begitu banyak destinasi wisata yang bisa ditemui. Mulai dari tempat bersejarah hingga wisata alam alami yang dianugerahi Tuhan. Salah satu wisata alam yang populer di Mojokerto adalah wisata air terjun.

Rata-rata, wisata air terjun ini terdapat di wilayah Pacet. Daerah ini merupakan kawasan yang wajib dilirik saat liburan di Mojokerto, Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan keindahan alam yang sangat luar biasa mendominasi beberapa tempat wisata di Pacet Mojokerto, salah satunya air terjun. Wisata air terjun merupakan tujuan wisata yang paling terkenal dan menjadi andalan daerah ini.

Jumlah air terjun di daerah ini juga sangat banyak, dan keunikannya pun beragam. Tempat wisata berupa air terjun ini sangat cocok bagi orang yang menyukai pemandangan alam dan ingin terbebas dari polusi kota.

Baca Juga: 2 Wisata Alam yang Jadi Tempat Terbaik untuk Healing di Magetan Jawa Timur

Udaranya juga sangat dingin, sebab kawasan ini berada di bawah lereng Gunung Penanggungan dan Welirang. Berikut ini 2 air terjun yang jadi wisata alam terpopuler dan wajib dikunjung9i saat berada di Mojokerto.

Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Coban Kembar atau yang lebih dikenal Air Terjun Watu Ondo ini adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang wajib didatangi saat berada di Mojokerto.

Air Terjun Watu Ondo berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini juga termasuk dalam Kawasan Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo yang ada di lereng Gunung Welirang.

Air Terjun Watu Ondo memiliki dua aliran air terjun dengan ketinggian yang beragam, yakni 15 meter dan 69 meter. Di kolam di bawah air terjun, pengunjung bisa berendam di air dingin atau sekedar bermain air.

Di kawasan wisata ini juga ada dua gua di sekitar air terjun yang bisa dikunjungi. Konon goa ini merupakan tempat persembunyian dan penyimpanan makanan tentara Jepang pada masa penjajahan.

Air Terjun Watu Lumpang

Salah satu wisata alam air terjun yang sangat populer dan ramai oleh pengunjung adalah Air Terjun Watu Lumpang. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Pacet, Mojokerto. Jalan menuju tempat wisata ini juga cukup mudah dilewati.

Saat sampai ke wisata ini, pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan air terjun yang tingginya 10 sampai 15 meter. Air terjun ini sering disebut sebagai air terjun terpendek di Mojokerto.

Meski demikian, air terjun ini tetap menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Aliran airnya yang jernih dan pemandangan tebingnya di sekeliling air terjun sudah tentu sangat memanjakan mata yang melihatnya.