Mengenal Atribut Polisi dan Tata Cara Pemasangan yang Benar

Dengan Mengenal atribut Polisi, kita bisa terhindar dari penipuan
Polisi Indonesia merupakan salah satu alat negara yang bertugas pada bagian pengamanan masyarakat. Mengenal cara pemanasangan atribut anggota Polisi sangat bermanfaat untuk membedakan dengan satuan pengamanan lain, bahkan bisa menghindari dari penipuan.

Ilustrasi, Anggota Polisi . Foto: twitter @satlantasresab1.

TIMES.ID- Biasanya, seorang anggota polisi selalu mengenakan seragam dan beberapa atribut yang dibutuhkan. Dibalik atribut dan pangkat yang dikenakan, memilki makna dan ketentuan yang berbeda beda.

Dilansir dari buku Perilaku Polisi, menjelaskan bahwa, Polisi adalah organisasi yang memiliki budaya dan keunikan yang bisa dilihat dari beberapa ciri fisik hingga atribut yang digunakan anggota polisi selama ini.

Berikut tata cara pemasangan atribut anggota Polisi yang benar dan wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia.

1. Polisi mengenakan Pet tutup kepala dengan warna dasar putih dan logo tribata yang disematkan pada sisi tengah. Lis dan hiasan pada klep dibedakan sesuai golongan kepangkatan.

2. Seorang anggota Polisi pasti memilki pangkat yang terletak di kiri dan kanan pada masing-masing bahu saat mengenakan pakaian dinas harian.

3. Anggota Polisi mengenakan atribut Nama kesatuan yang terletak di sisi kiri lengan atas.

4. Kemudian, tepat di bawah nama kesatuan, terletak emblem logo Polda, logo tersebut sesuai wilayah tempat anggota Polisi bertugas.

5. Setiap anggota Polisi memiliki lambang segitiga sebagai emblem atau fungsi penugasan setiap anggota, lambang tersebut terletak pada atas lengan kanan.

6. Anggota Polisi mengenakan logo kopsteken yang berada di kanan bagian kerah. Biasanya, Polisi gadungan mengenakan logo kopsteken pada kedua kerah.

7. Anggota polisi memilki kewenangan masing-masing dalam bertugas, tanda kewenangan tersebut diletakan tepat di atas saku kiri pakaian dinas.

8. Selain logo kewenangan, Pada saku kiri juga terdapat atribut lambang Polda masing- masing.

9. Anggota polisi menampilkan identitas nama pada bagian atas saku kanan.

10. Anggota polisi bisanya mengenakan perlengkapan lain yang digunakan pada bagian pinggi, peraltan tersebut dinamakan kopel.

Dengan mengetahui cara pemasangan atribut pada Polisi, maka akan terhindar dari penipuan bahkan bisa mengenali mana polisi sungguhan dan mana polisi gadungan.

Informasi ini juga bisa menambah wawasan dan kepercayaan anda kepada setiap anggota Polisi yang sedang bertugas.