Top 3 Wisata Alam yang Sering Dikunjungi Wisatawan di Yogyakarta

Bukit Pengilon banyak wisatawan yang camping atau tracking.
Ada beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yang menyuguhkan pemadangan alamnya yang sangat indah.
 
Bukit Pengilon, Foto: Instagram @titinsumartincex

YOGYAKARTA - Bagi para wisatawan yang punya rencana berlibur ke Kota Gudeg ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata alamnya.

Untuk berlibur ke tempat ini, sebaiknya dilakukan dengan keluarga, teman dekat atau pasangan tercinta.

Saat berlibur ke Jogja, destinasi yang ada di sana tidak hanya Jalan Malioboro saja. Akan sangat disayangkan jika ke Jogja tidak melihat pesona alamnya yang indah.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Alam Terpopuler yang Sering Dikunjungi di Purwodadi Jawa Tengah 

Berikut ini top 3 wisata alam yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta.

Bukit Pengilon

Nama bukit ini berasal dari Bahasa Jawa yang mempunyai arti cermin, hal ini dikarenakan di kawasan ini terdapat batu yang mirip dengan cermin.

Bukit ini cocok sekali untuk hunting foto, karena lokasinya yang luas dan pemandangannya yang indah akan membuat foto yang dihasilkan akan terlihat instagramable.

Bahkan, saking luasnya wilayah Bukit Pengilon ini banyak wisatawan yang memutuskan untuk camping atau tracking di tempat ini.

Suasanya yang sejuk membuat bukit ini jadi tempat yang baik untuk healing. Selain itu dengan pesona alamnya yang indah, para wisatawan akan betah jika berlama-lama di bukit ini.

Pemandangan yang memukau akan muncul ketika saat matahari akan terbit dan tenggelam dengan latar belakang laut yang sangat indah.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Biaya masuk ke tempat wisata ini hanya Rp 5.000 saja per orang. Wisata ini berlokasi di Tepus, Purwodasi, Gunung Kidul, Are Hutan, Balong, Girisudo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Curug Pulosari

Jika sedang mengalami stress dan butuh tempat healing untuk menenangkan pikiran, mengunjungi Curug Pulosari merupakan pilihan yang tepat.

Tempatnya yang sunyi dan pemandangannya yang menawan dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Apalagi curug ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap, seperti gazebo tempat para wisatawan bisa duduk untuk beristirahat. Terdapat juga warung yang dikelola oleh warga sekitar.

Berendam di bawah curug sambil menikmati makanan adalah kegiatan yang tepat. Kegiatan ini akan memberikan sensasi yang berbeda, sebab suasana yang didapatkan pasti jauh lebih asik.

Di sekitar Curug Pulosari, para wisatawan bisa membeli buah tangan yang berupa kerajinan ala warga Desa Wisata Krebet.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi curug ini adalah saat musim hujan, karena air yang mengalir akan cukup deras, sehingga air terjunnya bisa terlihat sangat indah.

Untuk tiket masuknya masih gratis, hanya saja para pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja per kendaraan.

Curug Pulosari berada di Krebet, Sedangsari, Pajangan, Krebet, Sedangsari, Kecamatan Bantul, Bantul, Yogyakarta.

Geblek Menoreh View

Wisata alam yang satu ini menyuguhkan hamparan sawah yang hijau, panorama yang disajikan pasti membuat para wisatawan merasa tenang dan nyaman.

Bukan hanya itu, wisata ini menyediakan tempat makan yang berupa angkringan khas Yogyakarta.

Di angkringan ini menu yang ditawarkan pun beraneka macam, yaitu 10 sampai 15 jenis nasi beserta lauknya, seperti sate, ote-ote (bakwan), tempe, dan lain-lain.

Para wisatawan tidak perlu khawatir dengan harga, sebab makanan di sini terbilang sangat murah. Hanya sekitar Rp 1.000 hingga Rp 8.000 saja para pengunjung sudah bisa melihat view yang indah sambil menyantap makanan enak.

Geblek Menoreh View buka dari pagi pukul 07.00 sampai malah pada pukul 19.00 WIB.