3 Destinasi Wisata Alam Terpopuler yang Sering Dikunjungi di Purwodadi Jawa Tengah

Walaupun Air Terjun Widuri tersembunyi, tetapi fasilitasnya cukup lengkap

Kota Purwodadi adalah ibu kota dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.
 
Air Terjun Widuri, Foto: Instagram @revinnaprnma

PURWODADI – Secara geografis, Grobogan adalah lembah yang diapit dua gunung kapur, yaitu Gunung Lendeng di bagian Selatan dan Gunung Kapur Utara di bagian utara.

Ibu kota Kabupaten Grobogan ini terdapat beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Grobogan juga terkenal dengan keindahan alamnya yang memiliki berbagai macam jenis air terjun yang begitu memesona.

Baca Juga: Ini Dia Top 3 Wisata Alam yang Populer di Semarang Jawa Tengah

Alamnya yang indah menghasilkan wisata alam yang segar dan asri, akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut ini 3 desnitasi wisata alam terpopuler yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Purwodadi.

Air Terjun Widuri

Air terjun ini termasuk ke dalam salah satu wisata alam air terjun tersembunyi di Purwodadi.

Karena tersembunyi, kondisi air terjun di sini benar-benar masih alami dan suasana sekitar pun masih sangat sejuk dan asri.

Air yang mengalir benar-benar masih sangat jernih dan bersih. Air terjun ini juga tidak terlalu deras, karena tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Walau tak begitu tinggi, akan tetapi keindahannya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Aliran airnya terlihat seperti awan yang jatuh dari ketinggian

Walaupun lokasi air terjun ini tersembunyi, akan tetapi fasilitas yang bisa didapatkan di sana cukup lengkap.

Tiket untuk masuk ke lokasi air terjun ini juga tidak terlalu mahal, hanya perlu membayar Rp 5.000 saja per orang, maka sudah bisa menikmati wisata yang indah.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Tawangarjo, atau lebih tepatnya di Desa Batur, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kedung Kempul

Kedung ini jadi destinasi wisata alam yang tak kalah populer di Purwodadi. Kawasan wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah, yaitu kedung yang dipenuhi dengan air yang jernih dan bersih.

Di tempat ini, para wisatawan bisa berendam, berenang, dan bermain air hingga merasa puas. Selain itu, tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat pelepas penat di akhir pekan, usai melakukan aktivitas selama seminggu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini adalah, melompat dari atas batu dan terjun ke dalam air. Tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki nyali besar.

Selain itu, fasilitas yang disediakan di Kedung Kempul juga cukup lengkap, mulai dari mushola, kamar mandi, sampai dengan penginapan juga tersedia di sini.

Biaya yang dikeluarkan untuk masuk juga tidak terlalu mahal, hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang.

Kedung Kempul berada di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobohan, Jawa Tengah.

Air Terjun Gulingan

Air Terjun Gulingan memiliki hawa yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Kawasan sekitar pun juga masih terjaga sehingga udara yang dihasilkan juga sangat segar.

Air terjun ini menawarkan daya tarik cukup unik yang jarang didapatkan di air terjun lainnya. Suasana Air Terjun Gulingan sangat eksotis dan menawaran berbagai kegiatan menarik seperti olahraga, MRB, offroad, canyoning dan lain-lain.

Dikarenakan tempatnya yang indah, bagi wisatawan yang hobi fotografi, air terjun ini juga memiliki spot-spot foto yang keren.

Memang air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun memiliki keunikan, yaitu aliran airnya bercabang-cabang sehingga terlihat lebih menawan dan eksotis.

Para pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup membayar Rp 5.000 saja per orang maka sudah bisa menikmati wisata alam yang indah ini.

Air Terjun Gulingan terletak di Desa Sedayum tepatnya di Dusun Sandi, Kabupaten Groboganm Jawa Tengah.