Populer, Wisata Surga Dunia Ada di Aceh, Tunggu Apalagi Ayo Kunjungi

Objek Wisata Gua Sarang selalu jadi wisata favorit di Sabang
Aceh atau Serambi Mekkah adalah salah satu Provinsi yang terkenal akan budaya Syariah Islam yang kental dan bermayoritas muslim.


Objek Wisata Gua Sarang. Foto: Ainul Fahmi/Times.id

ACEH – Objek wisata Gua Sarang terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung di Pulau Weh Kota Sabang Provinsi Aceh. Jika berencana liburan ke Pulau Weh maka Gua Sarang adalah tempat yang harus kamu kunjungi.

Gua Sarang memang tidak seperti Gua Dau Go di Teluk Ha Long, Vietnam, tetapi Gua Sarang juga tidak kalah mempesona dari wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Bagaimana mungkin wisatawan lokal maupun turis mancanegara tidak terkesima akan keindahan guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kokoh di kaki tebing .

Tidak hanya itu, hutan lebat dan bukit serta jernihnya air laut yang ada diujung paling barat Indonesia ini sangat memanjakan mata para pengunjung.

Disarankan pada para pengunjung baik turis asing maupun wisatawan lokal jika tidak memiliki transportasi pribadi agar dapat menyewa alat transportasi baik roda dua maupun lainnya kepada warga setempat.

Memerlukan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Balohan dengan mengendarai sepeda motor menuju Desa Iboih Kecamatan Sukakarya.

Udara sejuk dan pegunungan yang indah serta hamparan laut lepas membuat tak ingin berpaling dan akan menemani perjalan anda dari Pelabuhan Balohan menuju wisata Gua Sarang.

Akan tetapi harus tetap hati-hati karena medan perjalanan yang ditempuh seperti tikungan-tikungan tajam, jurang-jurang terjal dan bencana longsor juga harus tetap waspada.

Jika telah sampai pada wisata tersebut, kamu juga akan menemukan spot foto menarik, salah atu nya di ayunan yang diikat di pohon dengan pemandangan laut lepas.

Tidak hanya itu, ketika turun menuju objek wisata tersebut, kamu juga harus menuruni banyak anak tangga bahkan puluhan yang akan membuat kamu kelelahan serta saat kembali juga harus menaiki anak tangga yang sama.

“menuruni anak tangga lumayan cepat dan tidak terlalu lelah, akan tetapi saat menaikinya saya sangat kelelahan bahkan 5 kali lipat dari menuruni anak tangga tersebut,” ujar Ulfi salah satu wisatawan asal Kota Banda Aceh yang sedang berlibur ke Sabang.

Ulfi juga menambahkan, setelah melewati anak tangga, nantinya ada lagi perjalanan bebatuan menuju objek gua tersebut dan jika ingin melihat pemandangan yang jauh lebih indah lagi sebaik nya menyewa boat yang ada di lokasi itu.

Walau demikian, sesampainya disana rasa lelah akan hilang ketika menemui destinasi wisata yang sangat eksotis ini.

Biasanya wisatawan lokal maupun wisatawan asing akan ramai berdatangan pada libur akhir tahun sampai awal tahun baru.

Namun tak bisa dipungkiri kamu juga bisa berkunjung kapan saja sesuai jadwal libur yang kamu punya atau hanya sekedar berkahir pekan juga cocok ke sabang untuk healing dari hiruk pikuk pekerjaan.