Pantai Bali Abdya jadi Destinasi Wisata Populer Pilihan Keluarga saat Hari Libur

Terjadi abrasi di Pantai Bali Aceh Barat Daya
Abdya memiliki salah satu pantai yang juga tak kalah indah yang banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini bernama Pantai Bali.

Pantai Bali Abdya, Foto: Puji M. Arfi

ABDYA – Hari libur merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan warga Abdya, terlebih bagi mereka yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Di saat hari libur, banyak yang menghabiskan waktu bersama keluarga.

Berbagai tempat wisata tentunya menjadi pilihan banyak keluarga untuk menikmati hari libur. Pantai Bali yang terletak di pesisir wilayah yang dikenal dengan Negeri Breuh Sigupai ternyata banyak menyedot perhatian wisatawan.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh keluarga-keluarga saat akhir pekan atau hari libur.

“Pengunjung biasanya paling ramai hari Minggu, dan hari-hari libur nasional. Yang paling banyak datang ke sini pengunjung yang membawa keluarga, tapi terkadang juga ada anak-anak muda berkumpul di sini” ujar Asri, pemiliki kantin Pantai Bali, Sabtu, 14 Januari 2023.

Di bibir pantainya tersedia begitu banyak warung atau kantin. Tempat ini bisa jadi tempat bersantai bagi keluarga yang datang ke Pantai Bali.

Terdapat begitu banyak jenis kuliner yang siap disantap sambil melihat ombak dan keindahan Pulau Gosong.

Asri mengatakan, menu yang paling sering dipesan wisatawan adalah mie Aceh dan minuman air kelapa muda.

Pengunjung yang datang membawa keluarga tidak hanya dari warga Abdya, tapi dari Nagan Raya dan Aceh Selatan juga sering mengunjungi Pantai Bali saat hari-hari libur.

“Saat hari libur, pengunjung biasanya datang dari luar Abdya, seperti Nagan Raya dan Aceh Selatan. Bahkan saat hari libur nasional dan hari-hari besar seperti lebaran, orang Abdya sendiri bisa dikatakan sedikit, lebih banyak orang Nagan Raya” kata Asri menjelaskan.

Pantai ini terletak di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Akses untuk ke pantai juga mudah dan biaya masuk ke wisata ini juga masih gratis.

Akan tetapi, apabila di hari-hari libur seperti libur lebaran, untuk masuk ke pantai akan dikenakan tarif yang tidak begitu mahal. Biasanya hanya Rp 5.000 per kendaraan.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Aceh Barat Daya, yaitu Blangpidie. Cukup menempuh waktu 10 sampai 15 menit saja untuk sampai ke tempat ini.

Namun yang jadi perhatian sekarang adalah abrasi yang terjadi di Pantai Bali banyak menyebabkan kerugian. Pohon-pohon yang tumbuh di bibir pantai jadi tumbang dan mati.

Hal ini jadi perhatian khusus pemilik kantin di Pantai Bali, sebab abrasi yang terjadi membuat pantai tersebut kurang enak dipandang.

Pemilik kantin Pantai Bali menjelaskan, bahwa rencananya dampak dari abrasi, seperti pohon-pohon yang tumbang, akan segera diperbaiki, karena agak kurang enak jika dilihat.

Harusnya pemerintah daerah setempat cepat tanggap untuk segera memperbaiki dampak dari abrasi yang terjadi di bibir Pantai Bali, Aceh Barat Daya.