Ini Dia 3 Wisata Pantai Terdekat dari Malioboro yang Ramai Dikunjungi di Yogyakarta

Pantai Parangkusumo konon merupakan gerbang utama untuk menuju Keraton Gaib Laut Selatan.
Di Yogyakarta, Malioboro tentu menjadi salah satu tempat wisata yang paling hits dan populer di kalangan wisatawan.
 
Pantai Parangtritis, Foto: Instagram @wailanmara

YOGYAKARTA – Meskipun tempat ini sering dikenal dengan kawasan perbelanjaan dan kuliner, namun saat berlibur ke Jogja, para wisatawan sebenarnya juga bisa berkunjung ke pantai.

Karena terdapat beberapa pantai yang ada di dekat Malioboro, aksesnya pun terbilang mudah, sehingga tidak begitu sulit untuk dikunjungi.

Para wisatawan yang sedang berlibur di Jogja akan mendapatkan suasana atau sisi lain dari kota wisata ini, tentunya setelah menempuh jarak sekitar satu jam dengan kendaraa motor.

Walau pantai ini tidak digunakan untuk berenang, akan tetapi pantai-pantai ini menawarkan aktivitas yang tak kalah menarik, seperti berkemah, menyewa ATV, menaiki mercusuar, dan menikmati matahari terbenam.

 Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah

Berikut ini 3 wisata pantai terdekat dari Malioboro yang ramai dikunjungi di Yogyakarta.

Pantai Samas

Pantai yang menyuguhkan pemandangan indah ini terkenal dengan deburan ombaknya yang menggulung.

Selain itu, angin lautnya juga kencang dan jadi tempat persinggahan penyu-penyu langka, contohnya penyu hijau dan penyu sisik yang sering bertelur di pantai ini.

Di samping itu, pantai ini juga ada tempat menarik, yaitu di kawasan pantai terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang berbentuk telaga.

Baca Juga: Ini Dia 2 Tempat Wisata Sejarah yang Sering Dikunjungi di Solo 

Di tempat tersebut pengelola mendirikan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati, seperti perahu, kuliner terapung, gardu pandang, wahana bermain, tempat memancing, tambak udang dan masih banyak yang lainnya.

Pantai ini bisa ditempuh selama kurang lebih 59 menit atau 1 jam. Letak Pantai Samas dengan Malioboro hanya berjarak 27,4 kilometer.

Pantai Parangtritis

Di Pantai Parangtritis, para wisatawan bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang memperlihatkan keindahan yang memukau.

Terdapat pemandangan yang unik dari pantai ini yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan terdapat gunung pasir yang disebut gumuk.

Saat menuju sore, para pengunjung dapat berjalan-jalan di pinggiran pantai sambil menikmati matahari yang akan tenggelam.

Walau tidak diperbolehkan untuk berenang, para pengunjung dapat menyewa ATV atau menaiki bendi untuk berjalan menyusuri pinggiran pantai.

Pantai ini termasuk ke dalam pantai yang paling populer di antara pantai-pantai lainnya di Yogyakarta.

Jarak dari Malioboro menuju Pantai Parangtritis hanya berjarak sekitar 26 kilometer. Estimasi waktu untuk menuju pantai ini ditempuh sekitar 52 menit.

Pantai Parangkusumo

Pantai ini adalah salah satu pantai yang terdapat di kawasan Parangtritis yang dianggap keramat.

Hal ini dikarenakan pantai ini konon merupakan gerbang utama untuk menuju Keraton Gaib Laut Selatan, yang jadi kerajaan Ratu Laut Kidul, penguasa Laut Selatan.

Maka tidak heran, jika ucapacara-upacara tradisi labuhan dari Keraton Ngayogtakarta Hadiningrat maupun warga sekitarnya dilakukan di Pantai Parangkusumo ini.

Ada Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak tak jauh dari tempat ini, hanya sekitar 700 meter. Gumuk pasir tersebut banyak diminati oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis, hanya berjarak sekitar 6 kilometer saja.