3 Wisata Terfavorit Kawasan Dieng Wajib Kunjung Saat Libur Panjang

Jangan takjub kesini, wisata negeri atas awan yang sedang viral suasananya seperti negeri dongeng
Dieng adalah salah satu daerah yang terletak di Jawa Tengah. Dieng berada di dataran tinggi, daerahnya dipenuhi oleh pepohonan dan pegunungan yang indah. Jika kamu suka dengan nuansa pemandangan alam yag sejuk dan refresh, berwisata ke Dieng ini harus menjadi salah satu tujuan anda.


Dieng populer dengan sebutan negeri diatas awan. Hal ini karena Dieng terletak pada ketinggian lebih dari 2000 mdpl, yang sama seperti tinggi pegunungan pada umumnya. Jika kamu sampai ke Dieng, kamu pasti akan melihat daerah perkampungannya yang tertutup oleh kabut awan dari pagi sampai malam. Cocok banget ni buat jadi spot foto kamu saat liburan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami ulas beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Dieng, antara lain:

1. Telaga Warna

Telaga Warna ini letaknya di kaki Gunung Prau dan kelilingi oleh banyaktumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang pendek-pendek, berbeda dengan telaga atau danau pada umumnya yang dikelilingi oleh tebing pegunungan yang curam dalam hutan yang lebat.

Jika kamu berwisata ke Gunung Prau, letak telaga ini sangat mudah ditemukan karena berdekatan. Telaga Warna ini memilki keunikan tersendiri dari warna airnya yang berubah-ubah saat terkena pantulan dan pancaran sinar matahari.

Perubahan warna ini disebabkan karena banyaknya kandungan belerang yang ada dalam air dana tersebut.

2. Bukit Sukinir

Bukit Sukinir ini sangat terkenal dan populer di Dieng, bukin ini memiliki destinasi wisata sunrise yang paling fenomenal, jika kamu ingin melihat sensasi sunrise yang sempurna kamu harus mengunjungi tempat ini untuk melihat Golden Sunrise.

Bukit ini juga banyak diincar oleh turis asing, karena memang pemandangannya yang sangat indah apalagi di waktu pagi saat matahari terbit yang disambut hangat oleh kumpulan kabut awan sekelilingnya.

Akan tetapi untuk sampai ke bukit ini kamu harus menempuh jarak perjalanan yang sangat panjang mulai dari 30 – 60 menit tergantung dari kekuatan fisikmu saat perjalanan. Namun, semua akan terbayarkan saat kamu sampai di puncak.

3. Batu Pandang Retapan Angin Dieng

Berkunjung ke Dieng rasanya masih kurang jika kamu belum ke tempat yang satu ini. lokasi wisata ini dekat dengan Bukit Sukinir. Tempat wisata ini memiliki ciri berupa wisata tebing eksotisnya yang terbentuk akibat dari letusan gunung vulkanik purba.

Dari atas batu ini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan Telaga Warna dengan jelas dibandingkan dengan datang ke danaunya langsung.