2 Gunung yang Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Malang Jawa Timur

Mahameru adalah puncak Gunung Semeru dan jadi gunung tertinggi di Pulau Jawa
Tempat pendakian di daerah Malang selalu banyak menarik perhatian para pendaki atau pecinta alam.

Gunung Semeru, Foto: Instagram @tukang_nyurak12

MALANG – Kota ini dikenal sebagai kota berhawa sejuk yang dikelilingi oleh banyak gunung yang menarik untuk didaki.

Di kalangan para pendaki, gunung yang ada di Malang tentu memiliki kekhasan tersendiri, karena dari kota ini perjalanan menuju puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru, tentu memberikan sensasi yang tak pernah terlupakan.

Tidak hanya Mahameru, di sini banyak gunung lain yang menjadi tempat pendakian dengan pemandangan yang indah. Bagi yang hobi mendaki gunung atau baru pemula, berikut ini beberapa gunung yang jadi wisata pendakian di Malang Raya yang wajib dikunjungi.

Gunung Arjuno

Gunung ini terletak di bagian barat laut Kota Malang ini memiliki ketinggian 3339 mdpl. Tempat ini biasanya sering dipakai oleh para pecinta alam untuk pendidikan dasar.

Gunung Arjuno punya 3 jalur pendakian yaitu jalur Lawang, jalur Batu, dan jalur Tretes. Namun yang terakhir itu masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pasuruan. Namun, sebagian besar pendaki lebih banyak memilih jalur Tretes.

Pasalnya, saat melewati Tretes, para pendaki bisa langsung atau sekaligus mendaki Gunung Welirang. Persimpangan jalan antara Gunung Arjuno dan Gunung Welirang ada di shelter pondokan yang dlewati apabila mendaki melalui Tretes.

Mereka yang memilih jalur Tretes juga memiliki keunggulan tersendiri. Dengan kata lain, setiap shelter memiliki sumber air yang cukup sehingga para pendadi tidak perlu khawatir kehabisan air.

Puncaknya sering disebut sebagai Puncak Ogal-agil. Di atas, lebih tepatnya di pinggir kawah, dulunya terdapat sebuah batu karang. Batu itu bergoyang ketika angin bertiup, oleh karena itu dinamakan Puncak Ogal-agil.

Gunung Semeru

Nama gunung ini sangat dikenal oleh para pendaki, banyak dari mereka yang bermimpi untuk dapat mendaki dan mencapai puncak Gunung Semeru.

Ranu Kumbolo yang disebut sebagai surganya Gunung Semeru menarik semua orang untuk datang ke sana. Selain itu, Semeru dan puncaknya yakni Mahameru yang tingginya 3676 mdpl, merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Hanya ada satu jalur resmi untuk mendaki Semeru, yaitu melalui Ranu Pani. Anda bisa sampai di sana jika berangkat dari Stasiun Malang. Pertama naik angkot ke Terminal Arjosari kemudian dilanjutkan ke Pasar Tumpang dengan angkot. Dari Pasar Tumpang, sewa angkot menuju rest area dan terakhir sewa jeep lalu menuju Ranu Pani.