Aturan Ganjil Genap G20 di Bali Mulai Berlaku Hari Ini, Catat Jadwal dan 10 Lokasi Jalannya

Aturan ganjil genap ini berlaku sejak pukul 6 pagi sampai pukul 10 malam WITA
Tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, akan berlangsung sejak tanggal Selasa, 15 November 2022 sampai Rabu, 16 November 2022. Tapi sejak Jumat, 11 November 2022, aturan ganjil genap G20 di Bali mulai diberlakukan.

Polisi berkuda di salah satu bundaran jalan perhelatan G20 di Nusa Dua, Bali . FOTO: Muhammad/Times.id

BALI- Aturan ganjil genap ini merujuk pada Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2022 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno.

Seperti diketahui, aturan ganjil genap adalah metode penjataan kendaraan yang boleh melintas di jalur dan jam tertentu berdasarkan plat atau nomor polisi (nopol) kendaraan dengan tanggal di hari tersebut.

Metode ini diberlakukan untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melintas dan mengindari kemacetan.

Lalu bagaimana cara menentukan plat ganjil atau genap?

Cukup mudah. Anda hanya perlu melihat satu angka terakhir pada plat atau nomor polisi kendaraan. Misalnya, jika hari ini tanggal 11 November 2022, maka kendaraan dengan nomor terakhir di plat ganjil dapat melintas di ruas jalan yang menerapkan ganjil genap.

Plat kendaraan yang tidak sesuai aturan akan diputar balik dan tidak diizinkan melintasi di kawasan ganjil genap. Untuk itu, sebelum mengendarai kendaraan harap disesuaikan terlebih dahulu plat nomor kendaraan dengan tanggal akan melintas.

Apalagi saat ini, Polda Bali sudah menerapkan pemantauan menggunakan alat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara yang melanggar. Sehingga pelanggar akan lebih mudah terdeteksi.

Aturan ganjil genap G20 Bali akan diberlakukan selama satu minggu. Yakni sejak tanggal 11 November 2022 sampai 17 November 2022. Dimulai sejak pukul 6 pagi WITA sampai pukul 10 malam WITA.

Ada 10 ruas jalan yang akan diberlakukan aturan ganjil genap G20 Bali. 10 ruas jalan ini berada di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai hingga Nusa Dua.

Simak berikut ini selengkapnya:
  1. Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur
  2. Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran
  3. Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai
  4. Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua
  5. Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa
  6. Simpang Lapangan Terbang (Denpasar)-Tugu Ngurah Rai
  7. Jimbaran-Uluwatu
  8. Jalan Tol Bali Mandara
  9. Jalan Uluwatu II
  10. Jalan Raya Kampus Udayana