Kendala Daftar Kartu Prakerja: Alamat yang Salah Hingga Lulus SMA Tapi Tetap Ditolak, Cek Penyebab dan Solusinya

Tidak semua alamat di KTP harus diisi saat pendaftaran
Program Kartu Prakerja gelombang 44 telah resmi dibuka pemerintah pada Minggu, 4 September 2022. Program ini merupakan salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kartu Pakerja. Foto: Kolase Foto Instagram @prakerja.go.id

JAKARTA - Program Kartu Prakerja diperuntukkan bagi masyarakat yang sedang mencari kerja atau pekerja yang sudah terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari tempat ia bekerja sebelumnya.

Dengan program tersebut, para calon penerima Kartu PraKerja akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi kerja. Dengan begitu, diharapkan para pekerja bisa bersaing dan memiliki keahlian tertentu sehingga memudahkan dalam mendapat pekerjaan.

Namun, saat melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja, adakalanya seseorang mengalami beberapa kendala sehingga pendaftarannya ditolak.

Padahal, semua persyaratan dan ketentuan yang dilakukan sudah sesuai, tapi tetap saja pendaftarannya tidak diterima. Beberapa kendala yang sering didapati oleh calon penerima program Kartu Prakerja, diantaranya, Alamat yang salah, Lokasi yang tidak diizinkan hingga sudah lulus SMA dan berusia 18 tahun tapi tetap ditolak pendaftaraannya.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut penyebab dan solusinya yang dilansir dari Prakerja.go.id.

1. Alamat yang salah

Seringkali, calon penerima program Kartu Prakerja mendapati alamat yang diisi saat pendaftaran ditolak. Padahal, menurutnya sudah diisi dengan benar. Kenapa demikian?

Dalam laman Prakerja.go.id dijelaskan, Penulisan alamat pada saat pendaftaran Kartu Prakerja harus sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Yang perlu ditulis hanyalah baris alamat yang tertulis di KTP, tanpa harus menyertakan RT/RW, Kecamatan dan Kabupaten. Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah spasi dan tanda baca lainnya sudah sesuai, serta tulis apa adanya tanpa perlu ditambah hal lain.

2. Lokasi yang tidak diizinkan

Kendala yang juga kerap didapatkan oleh para pendaftar program Kartu Prakerja adalah persoalan lokasi. Namun, tak perlu panik, bukan lokasi anda yang tidak diizinkan tetapi pengaturan lokasi di Handphone anda yang mungkin belum diaktifkan.

Dalam pengaturan lokasi, ada perbedaan antara Handphone jenis android dan iPhone. Untuk pengguna Android, anda tinggal mengklik icon gembok pada kolom pencarian browser, kemudian klik menu 'Izin' dan geser tombol bulat, maka lokasi anda telah aktif. Sedangkan untuk yang mamakai iPhone, masuk ke setting dan klik menu 'Privacy' lalu geser tombol untuk aktifkan izin lokasi.

3. Sudah Lulus SMA tapi tetap ditolak

Salah satu syarat pendaftar prgram Kartu Prakerja adalah sudah menamatkan pendidikan formal dan berusia 18 tahun. Namun, terkadang ada juga pendaftar yang merasa sudah memenuhi persyaratan tersebut tapi tetap ditolak.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena data anda masih tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Solusinya, segera hubungi satuan pendidikan terakhirmu, kemudian minta datanya di-update agar kamu tidak lagi terdaftar di jenjang pendidikan tersebut.