Viral! Bendera Merah Putih Dibakar di Hari HUT RI Ke 77, Di Belakangnya Bendera GAM

Video pembakaran bendera merah putih ini sudah ditonton 12,6 ribu kali
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 diwarnai dengan pembakaran bendera merah putih.

Tangkapan layar video pembakaran bendera. Foto: Twitter/@HanifMH13

JAKARTA - Pembakaran bendera merah putih itu terekam dalam video berdurasi 1 menit 28 detik yang diunggah akun @HanifMH13 kemarin.

Dalam video tersebut tampak secarik kertas karton bertuliskan: Kami selaku bangsa Aceh menolak Hari Ulang Tahun RI di Aceh. 17-8-2022.

Lalu di balik kertas tersebut terbentang bendera merah putih yang kemudian dibakar. Saat bendera dimakan api dan terjatuh, ada bendera lain di belakangnya yang masih utuh, yakni bendera bulan bintang, Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"LAWAN HUT RI DI BUMI ACEH/ ACHEH IS NOT Indonesia," tulis akun @HanifMH13 di caption video.

Sayangnya wajah sosok yang membakar tersebut tidak kelihatan. Belum diketahui secara pasti siapa pelakunya.

Dari bio akun Twitternya, pengunggah akun tersebut bernama Hanif, saat ini ia tinggal di Denmark dan sudah bergabung di Twitter sejak tahun 2020.

Hingga berita ini ditulis, postingan video tersebut sudah mendapat 134 komentar, 78 retweet dan hanya disukai okeh 2 akun.

Respons netizen beragam. Akun @dewileba misalnya. "Ah cemen,, mukanya gak diliatin," tulisnya. "Yess sebentar lagi di ciduk," timpal akun @tolosee25. "Wkwk... Pecundang-pecundang. Hanya bisa bakar bendera...," sentil @Lok_Toman.

Akun @HeryIdris5 minta agar pemosting video bakar bendera merah putih itu tidak bawa-bawa nama masyarakat Aceh. "Lho tinggal aja selamanya di Denmark dan ga perlu balik ke NKRI. Lho ga wakili masyarakat Aceh...!!" kesalnya.

" Di Aceh aman-aman aja... 2 minggu lalu saya dari Lhokseumawe... Kawan-kawan disana sudah gak mau diprovokasi macam gitu, dah capek kata mreka," kicau @editya77.