Viral Mahasiswa Unhas Mengaku Non-biner, Netizen Banjiri Komentar di Twitter

Mahasiswa Baru Unhas diusir dari ruangan setelah mengaku jenis kelamin Netral
Netizen dikagetkan oleh video yang memperlihatkan seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mengaku Non-binary (non biner).

Nabil mahasiswa Unhas saat di di tegur dosen. Foto: tangkap layar akun twitter @lelakibugis.

TIMES.ID- Saat itu, Unhas sedang memgadakan acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB). Ditengah acara, dosen memanggil pria yang bernama Nabil untuk memperkenalkan diri. 

Saat perkenalan diri, Nabil ditegur dosen lantaran Nabil tidak menyebutkan jenis kelamin yang jelas, ia mengaku sebagai nonbiner. 

Gender nonbiner atau genderqueer adalah sebuah spektrum identitas gender yang tak secara eksklusif maskulin atau feminin‍—‌teridentifikasi berada di luar gender biner.

Sontak, pengakuan itu membuat dosen dan seluruh perserta kaget, bahkan setelah ditanya beberapa kali, Nabil tetap dengan pendiriannya. Lalu, dosen mengusir Nabil dari ruangan.

Dari video yang viral tersebut, Nabil menjadi perbincangan netizen di twitter.

Salah satu akun yang memosting video itu adalah @lelakibugis, dengan menuliskan caption: "ditolak kampus karena mengaku non biner. Ada ya aturan kampus soal profesi seksual?"

Video tersebut kini semakin viral hingga saat ini sudah disukai lebih dari 22,3 ribu kali, dan 8,5 ribu tweet kutipan.

Ada juga yang mengomentari dengan membela keputusan dosen yang mengusir Nabil dari ruangan.

"Sudah tepat dosennya, sebagai pengajar tidak boleh permissif, harus keras dan tegas. Argumennya juga jelas, dalam hukum positif tidak ada jenis kelamin non binari, mau toleran terhadap penyimpangan hanya untuk dilabel 'open minded?" komentar akun twitter @AAadvocaten.

Komentar netizen yang lain juga mengatakan keputusan yang benar bisa memberi dampak positif bagi generasi seterusnya.

"Netral netral, kau kira motor pake netral, gw dukung Dosen, lebih baik kehilangan 1 mahasiswa macam gini dari pada kena pengatuhnya jadi banyak deh macam ni orang yang katanya gender netral. Tag: bencong, musnahkan LGBT" ketik akun @kelas_teknisi.

"Kuliah ke amrik aja sih, kan katanya org2 lgbt pinter2. Sekalian gak usah balik2 lagi biar bisa puas jadi bencong permanen di liat Negeri sana" komentar akun @ciroooo17.

Setelah kejadian itu, Nabil diketahui mengejek-ejek dosen nya di status WhatsApp yang juga di posting oleh akun berbeda yaitu @SiHalu69.

Dalam video yang diduga status WhatsApp Nabil itu, memperlihatkan foto seorang dosen sedang memberi arahan di ruangan kampus dan dituliskan caption: "bacotnya ine kodok zuma"

Saat ini video tersebut trending di Twitter dengan sebutan bencong. Hingga berita ini ditulis, ada 7.938 ribu tweet membincangkan masalah ini.