Sosok Komjen Agus Andrianto, Mantan Kapolsek Parapat yang Kini Jadi Kabareskrim Polri

Agus Andrianto menjadi Kabareskrim menggantikan Listyo Sigit Prabowo yang dilantik menjadi Kapolri
Kabareskrim Polri, Komjen Polisi Agus Andrianto akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Hal itu tak lepas dari pengusutan yang dilakukannya dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. Foto: Kolase Foto Instagram @agusandrianto.id

JAKARTA - Publik menilai Agus Andrianto menjadi salah satu jenderal yang serius dalam menangani kasus yang melibatkan mantan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo tersebut.

Maka tak heran bila banyak masyarakat yang mencari tahu tentang sosok dari Kabareskrim itu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Times.Id rangkum tentang profil dan perjalanan karir dari Jenderal Agus Andrianto.

Komjen Agus Andrianto adalah seorang perwira tinggi yang lahir pada tanggal 16 Februari 1967. Ia menjabat sebagai Kabareskrim sejak 18 Februari 2021, menggantikan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang kini telah dilantik menjadi Kapolri.

Karir kepolisiannya dimulai pada tahun 1990 saat ditugaskan menjadi Pamapta Polres Dairi. Dua tahun kemudian, Agus diangkat sebagai Kapolsek Sumbul selama satu tahun, yang setelah itu dipindahkan ke parapat dan percut Seituan dengan jabatan yang sama.

Pada tahun 1997, Agus kembali ditarik ke Polres sebagai Kapuskodalops Polres Lampung Selatan. Dua tahun berselang, ia dipindahkan ke Poltabes Medan menjadi Kasat Serse disana.

Usai bertugas di Medan, ia dipindahkan ke Polda Jawa Timur pada tahun 2001. Setelah bertahan di Jawa Timur dengan beberapa jabatan, akhirnya agus ditarik ke Polda Metro Jaya sebagai Kasat I/Dit Reskrimsus di tahun 2006.

Perlahan karir Agus terus menanjak, setelah di Polda Metro Jaya, ia diangkat sebagai Kapolres Tangerang pada tahun 2007. Hanya setahun bertahan disana, agus lalu dimutasi menjadi Kapolres Metro Tangerang.

Barulah pada tahun 2011, Komjen Agus Andrianto ditarik ke Mabes Polri sebagai Kabagresmob Robinops Bareskrim Polri. Sempat ditugaskan di Badan Narkotika Nasional selama dua tahun, akhirnya pada 2017 dia kembali ke Medan sebagai Wakapolda Sumut selama setahun, hingga kemudian dia menjadi Kapolda disana pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2019 Agus kembali ditarik ke Mabes Polri sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri menggantikan Firli Bahuri yang saat ini menjadi Ketua KPK.

Barulah pada tahun 2021, Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri setelah Kabareskrim sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai Kapolri.