Profil Brigjen Hendra Kurniawan, Salah Satu Perwira yang Disebut-sebut Masuk Klaster 4 di Kasus Brigadir J

Brigjen Hendra Kurniawan, Perwira Tinggi satu-satunya keturunan tionghoa
Brigadir Jenderal (Brigjen) Hendra Kurniawan merupakan Perwira Tinggi (Pati) Polri yang diduga menghalang halangi penyidikan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 

Brigjen Hendra Kurniawan dan istri Seali Syah. Foto: instagram @sealisyah.

JAKARTA- Jabatan terakhir Brigjen Hendra Kurniawan adalah Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Republik Indonesia (Karo Paminal Div Propam Polri) sejak 2020. Hendra dinonaktifkan oleh Kapolri setalah diduga terlibat kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi Ferdy Sambo.

Dalam kasus tersebut, Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri mengatakan Brigjen Hendra Kurniawan terduga masuk dalam salah satu klaster yang memerintahkan menghilangkan rekaman CCTV.

Diketahui, untuk penyelidikan kasus Brigadir J, bukan hanya dengan memeriksa satu atau dua orng, penyidik sampai harus memeriksa 83 orang anggota kepolisian.

Dari pememeriksaan tersebut, diduga ada 6 polisi yang berperan menghalang halangi penyidikan kematian Brigadir j. Dari ke 6 itu, terdapat nama Ferdy Sambo dan seorang Jenderal bintang satu yaitu Brigjen Hendra Kurniawan.

Kini, keenam terduga yang melakukan pembunuhan berencana itu telah dilakukan penahanan di tempat khusus (patsus).

"Penyidik melakukan pemeriksaan mendalam maka terdapat 6 orang yang patut diduga melalukan tindak pidana yaitu obstruction of justice atau menghalangi penyidikan," sebut Irwasum Polri Pol Agung Budi Maryoto, Jumat (19/8/2022).

Berikut profil Brigjen Hendra Kurniawan yang diduga terlibat kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Brigjen Hendra Kurniawan adalah pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 16 Maret 1974. Ia memulai karirinya sejak menyelesaikan pendidikan Akademik Kepolisin (Akpol) tahun 1995.

Pria kelahiran bandung ini, Jenderal Polisi satu-satunya dari keturunan tionghoa dan memilki seorang istri yang bernama Seali Syah.

Brigjen Hendra Kurniawan dikenal sangat berpengalaman di bidang propam.

Karirinya di bidang propam sangat mumpuni, mulai dari Kaden A Ro Paminal Div Propam Polri, Analis Kebijakan madya Bidang Paminal Div Propam Polri, Kabagbinpam Ro Paminal Divpropam Polri, hingga menjabat sebagai Karo Paminal Div Propam Polri (2020).

Buntut dari kasus yang menjeratnya saat ini, karir Brigjen Hendra Kurniawan harus terhenti, lantaran dirinya sudah di non aktifkan dari Karo Paminal Div Propam Polri dan dimutasi ke Yanma Polri.