Makna Filosofis di Balik Angka 7 dari 477.777 Anggota PDIP yang Didaftarkan ke KPU

7 dalam bahasa Jawa adalah pitu. Maknanya pitulungan
Ada sisi menarik lain di balik prosesi pendaftaran PDI Perjuangan ke KPU hari ini. Selain aksi jalan kaki dari kantor pusat di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat ke Kantor KPU yang berjarak kurang lebih 1,5 kilometer.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto didampingi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin 1 Agustus 2022. Foto: KPU.

JAKARTA - Yaitu angka 7 yang mendominasi jumlah anggota yang didaftarkan pagi tadi. Apakah jumlah 477.777 anggota PDIP dari seluruh Indonesia yang didaftarkan PDIP ke KPU itu memang kebetulan, atau memang sengaja dipilih dengan makna tertentu?

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto tidak menampik bahwa angka 477.777 personel yang didaftarkan memang sengaja dipilih.

Sosok yang akrab dengan sapaan Bambang Pacul ini mengakui memang sengaja memilih angka sebanyak itu. Menurutnya angka 7 punya makna dan filosofi sendiri.

Menurutnya, angka 4 di depan jumlah 477.777 personel merupakan lambang kursi kuasa atau hasil elektoral.

Sedangkan angka 77 dikaitkan dengan tanggal pendaftaran yang masuk bulan Agustus dan berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan RI ke 77 tahun.

”Angka tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu. Angka 777 bermakna agar selalu mendapatkan pitulungan atau pertolongan dari sesama, pitutur atau petuah yang berguna dari para tetua, khususnya Ibu Ketua Umum, serta pituduh atau pencerahan dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Bambang, Senin, 1 Juli 2022.

Partai berjuluk Banteng ini merupakan partai pertama yang daftar ke KPU. Pendaftaran ke KPU dilakukan secara online.

”Semoga berkah dan menang Pilpres dan Pileg 2024,” tandasnya.