Kapan Minum Air Putih Yang Tepat? Berikut Penjelasannya

Kekurangan air putih bisa menimbulkan masalah dalam tubuh.
Air Putih adalah cairan yang sangat dibutuhkan pada tubuh manusia. Untuk memperlancar fungsinya, tubuh membutuhkan cairan yang cukup.

Ilustrasi air minerale. Foto: freepik.

Hampir 60-70 Persen tubuh manusia terdiri dari air. Jika tubuh manusia kekurangan air putih maka akan menimbulkan masalah dalam tubuh.

Sebelumnya, perlu kita ketahui, air minum terdapat beberapa jenis seperti air mineral, air keran, air isotonik, hingga alkali. Dari semua jenis air itu dapat membantu memenuhi cairan di dalam tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Air minum adalah air yang tanpa melaui proses pengolahan atau melalui proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Hal itu tertuang dalam Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002.

kapan minum air putih yang tepat? Berikut penjelasannya.

1. Setelah bangun pagi,kurang lebih sebanyak 1-2 gelas.


2. Sebelum makan 1 Gelas


3. Sesudah makan 1 gelas


4. Sebelum olah raga 1 gelas (30 menit sebelum)


5. Cukupi cairan tubuh setelah olah raga.


6. Menjelang sore, 1 hingga 2 gelas pengganti kopi atau teh


7. Sebelum tidur 1 sampai 2 gelas.

Penjelasan di atas adalah kebutuhan cairan tubuh Pada umumnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan cairan pada tubuh manusia tidak sama, untuk orang dewasa, disarankan meminum air putih sebanyak 2 liter atau deelapan gelas berukuran 230 ml per hari.

selain pada minuman, pada makanan juga terdapat cairan kurang lebih 20 persen. Cairan yang terdapat pada makanan seperti buah dan sayur.

Rumus mengkonsumsi air minerale delapan gelas sehari bukan menjadi kebutuhan mutlak ya guys. Orang sehat kebanyakan juga terhidrasi dengan mengkonsumsi air, dan cairan lain setiap merasa haus.

Nah, ingat ya guys, kebutuhan mengkonsumsi air putih setiap orang beda-beda, tergantung kondisi fisik atau aktivitas seseorang.