Ferdy Sambo Mengundurkan Diri Sebelum Sidang Etik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mengatakan, Pengunduran diri Ferdy Sambo tidak semudah itu
Irjen Ferdy Sambo telah menuliskan surat pengunduran diri dari anggota Polri sebelum sidang Etik digelar. Kadiv Humas Polri Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan terkair surat yang di kirim Ferdy Sambo. 

Irjen Ferdy Sambo saat menghadiri Sidang Etik di gedung Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta. Foto: tangkap layar youtube Polri TV Radio.

JAKARTA- Surat peminduran Mantan Kadiv Propam tersebut tidak mempengaruhi apapun terhadap sidang Etik yang digelar saat ini. Dedi Prasutyo mengatakan, surat pengunduran diri tersebut memilki komteks yang berbeda dengan sidang etik.

"Tidak ada pengaruh surat pengunduran diri, konteksnya berbeda," sebbut Dedi pada Kamis (25/8/2022).

Selanjutnya dedi menjelaskan, surat itu besifat individu, sementara sidang etik dilakukan karena Irjen Ferdy Sambo diduga tidak melakukan tugas secara profesional saat menjabat sebagai Kadiv Propam.

"Mengundurkan diri individu, tapi pelaksanaan sidang kode etik ini membuktikan ketidakprofesionalan yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas kepolisian," sebut Dedi.

Surat pengun diri Ferdy Sambo menuai pendapat dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa Ferdy tidak bisa semudah itu mengundurkan diri meskipun suranya diterima sebelum sidang etik digelar. Pemuduran diri dari anggota Polri memilki benerapa aturan.

"Ada suratnya, tapi sedang dihitung oleh tim sidang karena memang ada aturan-aturannya," sebut Sigit, pada Rabu (24/8/2022).

Disi lain, Ferdy sambo diketahui juga menuliskan surat permintaan maaf dirinya kepada seluruh anggota kepolisian yang terlibat karena ulah nya dan mengatakan siap menanggung selaga tuntutan yang diterima.

Surat itu ditulis pada 22 Agustus 22 lalu dan disetakan materai 10 ribu. Surat tersebut dibenarkan oleh pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis.

"Saya juga siap menerima tanggung jawab dan menanggung seluruh akibat hukum yang dilimpahkan kepada senior dan rekan-rekan yang terdampak," sebut Sambo.

Senjutnya, Sambo juga menuliskan, semoga permintaan maaf dirinya dapat diterima secara terbuka. Kemudian ia berharap seluruh keputusan dan proses hukum yang sedang berjalan dapat memberikan kedadilan bagi semua pihak.

"Saya siap menjalani proses hukum ini dengan baik sehingga segera mendapatkan keputusan yang membawa rasa keadilan bagi semua pihak," tulis Sambo.

Diakhir suratnya, Ferdy Sambo menutup dengan mengucapkan terimakasi dan semoga Tuhan melindungi kita semua.