Terpilih Jadi Komisioner KIP Termuda, Arya Cerita Pengalaman Tangani Sengketa Informasi Di Jakarta

Pengumuman hasil uji kelayakan komisi I untuk pemilihan anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2021-2025 disampaikan komisi I dalam rapat Paripurna DPR RI Selasa 12 April 2022.


Arya Sandhiyudha

JAKARTA - Anggota KIP periode 2021-2025 yang diumumkan adalah sebagai berikut; Arya Sandhiyudha (masyarakat), Donny Yoesgiantoro (masyarakat), Gede Narayana (pemerintah), Handoko Agung Saputro (masyarakat), Rospita Vici Paulyn (masyarakat), Samrotunnajah Ismail (pemerintah), dan Syawaludin (masyarakat).


Salah satu anggota yang diumumkan adalah Arya Sandhiyudha. Dia merupakan anggota termuda dari ketujuh anggota KIP terpilih.


Arya Sandhiyudha yang sebelumnya merupakan Komisioner Komisi Informasi DKI Jakarta menangani  penyelesaian sengketa informasi, kini berhasil terpilih sebagai komisioner Komisi Informasi Pusat.


"Di Jakarta kemarin menghadapi tumpukan sengketa informasi selama 3 tahun dimulai tahun 2019 - 2021 kita bisa selesaikan dalam 200 hari, setelah penyelesaian tumpukan sengketa informasi itu kita bisa melangkah melaksanakan tugas - tugas lain," kata Arya, di gedung DPR Selasa (12/4)


"Hal inilah yang kami bawa sebagai komunikasi kepada bapak dan ibu  komisi I," sambungnya.


Sebelumnya ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, sejak Senin (28/3/2022) pihaknya melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 21 calon anggota. Uji kepatutan dan kelayakan dilaksanakan dalam empat sesi. Pada setiap sesi para calon menyampaikan visi dan misi mereka lalu dilanjutkan tanya jawab untuk pendalaman.


“Setelah sesi ke-4 berakhir, akhirnya pada sore hari ini (kemarin, Red), Komisi I DPR telah melaksanakan rapat internal untuk memutuskan 7 calon anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025 terpilih,” kata Meutya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (30/3) lalu.