Roy Suryo Buka Data Pembangunan Jalan Di Era Soeharto, SBY & Jokowi, Ini Dia Pemenangnya

Presiden Jokowi membanggakan panjangnya jalan tol yang dibangun di masa kepemimpinannya. Yakni mencapai 1.900 km. Meningkat signifikan dibanding sebelumnya, yang selama 40 tahun hanya membangun 780 km jalan tol. Tapi ketika dibandingkan dengan pembangunan jalan di luar tol, Jokowi kalah telak.


Ilustrasi Jalan. Foto: Unsplash.con


JAKARTA  - Adalah Pakar Telematika Roy Suryo yang memberikan data pembanding, terkait pembangunan jalan di luar tol tersebut. Ia membandingkannya dengan masa Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.


Dalam postingannya di Twitter, Roy Suryo mengunggah tangkapan layar data bertajuk: Panjang Jalan Berdasarkan Kewenangan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Meliputi jalan negara, jalan provinsi dan jalan kabupaten.


Dari data itu, keluar Presiden Soeharto sebagai pemenang. Karena di eranya, ia disebut membangun 26.853 km jalan negara. Lalu 39.747 jalan provinsi dan 307.196 km jalan kabupaten. Total ada 374.196 km jalan dibangun di era presiden yang berkuasa selama 32 tahun itu.


Juara 2 dipegang presiden SBY. Karena di era kepemimpinannya, ia membangun 11.804 km jalan negara, 13.403 km jalan provinsi dan 119.618 km jalan kabupaten. Total 144.825 km jalan dibangun di eranya.


Sementara Jokowi, dapat juara 3. Karena di masa kepemimpinannya, ia hanya membangun 592 km jalan negara. Lalu, 1.317 km jalan kabupaten dan 30.583 jalan provinsi. Total, 32.492 km jalan dibangun di era presiden ketujuh ini. 


"Admin Akun @jokowi, sebaiknya setop Penulisan Narasi2 (mem) bodoh (i) begini, Niatnya mau menyanjung2 Presiden tetapi malah Mempermalukannya. Semua yg waras juga tahu bahwa yg disebut "Jalan" itu bukan hanya Jalan Tol, apalagi sekarang sdh dijual2in. Lihat (Big) Data ini. AMBYAR," cuit Roy di akun Twitternya @KRMTRoySuryo2, kemarin.


Sebelumnya, Presiden Jokowi lewat akun Twitternya @jokowi memamerkan pencapaian pembangunan jalan tol di era kepimpinannya.


"Selama 40 tahun, Indonesia hanya mampu membangun 780 km jalan tol. Maka, mulai tahun 2014 itu, pemerintah mendorong percepatan pembangunan jalan tol di Trans-Jawa, Trans-Sumatera, Kalimantan, sampai Sulawesi. Berapa panjang jalan tol yang kita bangun 7 tahun terakhir? 1.900 km," cuit aku @jokowi.