Jelang Meugang, Harga Daging Di Abdya Tembus Rp 200 Ribu/Kg

Harga daging di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai merangkak naik. Per hari ini, Rabu (30/3) atau H-2 jelang meugang, harganya mencapai Rp 200 ribu perkilogram. 


Suasana pasar daging di Desa Baharu, Blang Pidie, Abdya, Rabu (30/3). FOTO: MUHARRYADI

LEMBAH SABIL - Meugang adalah tradisi memasak daging di Aceh. Biasanya digelar, jelang puasa Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Sebagaian menyebutnya Makmeugang. 


Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Abdya, meugang jatuh pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2022, besok.


Amatan Times.id dari Lembah Sabil hingga Blang Pidie terlihat pedagang daging sudah mulai menjual daging Meugang, mulai dari daging Kerbau hingga Sapi. Harganta mencapai Rp 200 ribu perkilogram untuk kerbau dan Rp 180 ribu perkilogram untuk sapi. Sedangkan untuk tulang berkisar Rp 80 ribu.


Sudir, Salah seorang pedagang daging Meugang di Desa Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil menjelaskan bahwa harga daging meugang ditempatnya mencapai Rp 200-220 ribu per kilogram.  


“Untuk hari ini harganya masih Rp 200 ribu per kilogram, kalau besok mungkin sudah harga 220 ribu harga itu masih sama dengan tahun lalu,” katanya, kepada Times.id, Rabu (30/3). 


Di kecamatan Blang Pidie hingga saat ini untuk harga daging kerbau mencapai Rp 200 ribu perkilo sedangkan sapi mencapai Rp 180 ribu perkilo


"Untuk harga kerbau saat ini seharga 200 ribu harga sapi Rp 180 ribu

Untuk tulang seharga Rp 80 ribuperkilo," ungkap Hidayahtullah saat dikonfirmasi di Desa Baharu kecamatan Blang Pidie.


Ia menjelaskan, hingga saat ini minat pembeli sangat tinggi, namun beliau juga menyampaikan bahwa harga pembelian satu ekor kerbau juga tinggi.


"Minat pembeli sangat tinggi mungkin dikarenakan baru siap panen padi," ungkapnya.


Disisi lain, sejumlah pembeli menilai harga daging saat ini naik dari tahun sebelumnya yakni di kisaran Rp 180 ribu/kg.


Salah satunya, Bahari. Ia mengatakan bahwa harga daging tahun ini lebih mahal dari sebelumnya.


"Tahun kemaren yang saya ingat harga daging sekitar Rp 180 ribu/kg, sekarang sudah sudah Rp 200 riby/kg," tandasnya.