Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Alasan Menag Minta Forum Seperti INCOILS 2021 Diperbanyak

Dec 22, 2021

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan anak buahnya agar lebih banyak melahirkan forum-forum ilmiah, seperti International Conference on Islam, Law and Society atau INCOILS 2021.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat membuka membuka Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan INCOILS 2021, di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Selasa (21/12) lalu. FOTO: IST

JAKARTA - Pada pembukaan INCOILS 2021 yang bertajuk 'Sharia, State, and Legal Pluralism' tersebut, Menag mengatakan forum yang mengumpulkan banyak intelektual yang matang dalam hal keilmuan ini dapat menjadi bahan masukan penting bagi Pemerintah dalam hal membuat kebijakan.


“Kalau dulu forum semacam ini digelar 1 tahun sekali, kalau bisa kedepan 3 atau 4 kali dalam satu tahun," kata Menag dalam arahannya saat membuka Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan INCOILS 2021, di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Selasa (21/12) lalu.


"Karena saya ingin membiasakan lingkungan akademik dibawah Kementerian Agama rajin-rajin mengasah otak dan ilmu karena kita tahu knowledge is power,” sambungnya di hadapan para peserta yang diisi oleh para Profesor dan Direktur Pasca Sarjana dari berbagai PTKIN di Indonesia.


Lebih jauh, Menteri Agama ingin mentradisikan, kebijakan-kebijakan yang lahir dari Kementerian Agama kedepan lahir dari naskah akademik buah pemikiran pakar-pakar yang hadir dari forum-forum dibawah Kementerian Agama. Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini pun memerintahkan kepada jajarannya untuk tak segan-segan membantu digelarnya forum-forum ilmiah semacam INCOILS.


“Dari agenda ini (INCOILS 2021- red) saya ingin nanti ada semacam Executive Summary atau naskah akademik yang nanti bisa saya jadikan pijakan dalam mengambil kebijakan,” harapnya.


Sebagai informasi, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam bersama UIN Raden Intan Lampung menggelar INCOILS 2021 dari tanggal 21-24 Desember 2021. Acara ini menghadirkan pembicara baik daring maupun luring dari berbagai universitas ternama di dunia.  


Turut hadir mendampingi Menteri Agama dalam pembukaan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, serta jajaran Kementerian Agama lainnya. Hadir pula menyambut kedatangan Menag, Bupati Pringsewu Sujadi Sadat beserta jajaran Forkopimda lainnya.