Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Wapres Sebut 3 Sektor Perlu Diperhatikan Untuk Kesejahteraan Petani

Sep 2, 2021

 Wakil Presiden Ma'ruf amin meminta 3 hal pokok yang wajib diperhatikan untuk peningkatan nilai tambah dan perbaikan kesejahteraan petani di indonesia. 3 klaster tersebut adalah, penguatan sektor industri hilir, penguatan sektor hulu dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).


Wakil Presiden - Ma'ruf Amin. Foto: IST

JAKARTA - Kamis 2 September 2021, wakil presiden Ma'ruf Amin hadir dalam acara Panen Perdana Kelapa Sawit dan Peninjauan Kegiatan Santripreneur Riau, melalui konferensi video.


Wapres menyampaikan pokok-pokok yang perlu dikelola dengan baik dalam rangka peningkatan nilai tambah dan perbaikan kesejahteraan petani. Diantaranya penguatan sektor hulu, hilir dan peningkatan kualitas SDM.

Sektor hulu, dilakukan melalui pembibitan dan pengelolaan selama masa tanam. Peningkatan produktivitas tanaman sawit raya, serta tanaman sela dan integrasi dengan ternak atau disebut sebaagai pertanian terintegrasi, seperti integrasi sawit dengam sapi.

Sektor hilir, bisa dilakukan melalui penguatan permodalan, pengembangan dan pengelolaan produksi sawit paska panen. "Atau hilirisasi pengembangan dan pengolahan produk turunan, akan tetapi tetap dengan menjaga harga CPO," ungkapnya.

Lanjutnya, meningkatkan kualitas SDM melalui pembinaan, pelatihan, magang, studi banding dan konsultasi managemen usaha, serta penguasaan teknologi.