Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Presiden Terima Kunjungan Menteri Perdagangan Luar Negeri Emirat Arab

Sep 3, 2021

Presiden Joko Widodo didampingi beberapa Menteri menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi. Tujuannya adalah, membahas komitmen kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi.


Suasana Pertemuan Istana Presiden.Foto: IST

JAKARTA - Jumat 3 September 2021 Presiden menyambut baik kunjungan
Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di istana negara. Selain itu, Presiden juga menyambut baik atas peluncuran perundingan Indonesia dengan Uni Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers daring mengatakan, Jokowi mengharapkan agar perundingan Indonesia dengan IUAE-CEPA dapat selesai kurang satu tahun, sehingga dalam waktu dekat akan mencapai progres yang signifikan.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan, bahwa perdagangan antara Indonesia dan UAE masih bisa ditingkatkan lebih banyak lagi karena, angka perdagangan baru mencapai USD2,9 miliar.

"Dengan CEPA nantinya Presiden berhaharap setidaknya dapat dilakukan kenaikan perdagangan 2 sampai 3 kali lipat. Selain perdagangan, pastinya CEPA ini juga memberikan fasilitasi untuk peningkatan kerja sama investasi. Sekali lagi kita mengharapkan agar UAE akan menjadi mitra utama bagi investasi di Indonesia," ucapnya.

Tak hanya soal infrastruktur, lanjutnya, Jokowi juga menginginkan, Uni Emirat Arab dapat berinvestasi di bidang ketahanan kesehatan dan di bidang ekonomi hijau dan berkelanjutan atau green recovery and growth. Ia juga menyampaikan harapan agar terjadi kemajuan yang signifikan terhadap kerja sama Indonesia-UAE untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Presiden juga menyampaikan penghargaan atas dukungan UAE selama pandemi, seperti sumbangan 750 dosis vaksin Sinopharm. Ke depan kata retno, kerja sama dalam bidang kesehatan menjadi prioritas kerja sama antar kedua negara.

Dimulainya perundingan putara pertama IUAE-CEPA

Peluncuran Perundingan IUAE-CEPA ditandai dengan adanya penandatanganan Joint Ministerial Statement on the Launching of Negotiation for IUAE-CEPA. Sekaligus bertanda dimulainya perundingan putaran pertama IUAE-CEPA yang dilaksanakan pada 2-4 September 2021.

Sebagai informasi, kesepakatan peningkatan kerja sama ekonomi melalui IUAE-CEPA terjalin saat pertemuan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dengan Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, 30 Maret 2021 dan 8 April 2021.