Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Waaw..!! 2,79 Juta Perempuan Jatim Menjanda

Aug 26, 2021

Akibat covid-19 berkepanjangan, sejumlah 2,79 juta perempuan Jawa Timur menjanda. Terlebih, tingginya angka perceraian selama pandemi. Data yang didapat DP3AK Jatim, sebanyak 20% dari 13,82 juta ibu rumah tangga menjadi kepala keluarga tunggal.


Ilustrasi anak dan ibu. Foto: IST

JAKARTA. Data mengejutkan Lebih dari 2,79 juta perempuan yang tersebar di provinsi jawa timur menjadi kepala keluarga atau orang tua tunggal, selain dipicu angka perceraian yang tinggi, hal ini terjadi akibat para istri di tinggal suaminya karena terpapar covid-19.


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jawa Timur Andriyanto menyebutkan, data 2,79 perempuan yang menjanda tersebut, 20% total keluarga yang bereda wilayah jawa timur dari 13,82 juta keseluruhan keluarga.

Andriyanto menegaskan, jumlah keluarga sebagai keluarga tunggal ini disebabkan tingginya angka perceraian selama 6 bulan terakhir, selain banyaknya pasangan suami yang meninggal dunia akibat terpapar covid-19.

"Jadi memang ada 20% atau 2,79 juta perempuan menjanda di wilayah jawa timur, sebabnya itu ada 2 hal, pertama tingginya angka perceraian, kedua pasangan suami yang meninggal karena covid-19," ucapnya saat diwawancarai.