Program Pesantren Ala Gibran Asal Jiplak, Almijan Puji Ekotren Jateng

Program ekonomi pesantren (ekotren) telah digulirkan Ganjar sejak 2018

Koordinator Nasional Relawan Aliansi Muslim Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Almijan) Syukron Jamal menyoroti bocoran program yang disampaikan Bakal Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka yakni program Dana Abadi Persantren.

Dikatakan Syukron, program yang diusung Gibran terkait Dana Abadi Pesantren sudah berjalan dan ditetapkan dalam UU APBN sebagai amanat UU No 18 tahun 2019. Syukron menilai janji program tersebut cuma gimmick dan asal jiplak.

"Programnya tidak orisinil, jipalakan. Faktanya lagi program itu kan sudah ada dan sudah berjalan melalui berbagai bentuk skema," kata Syukron Jamal kepada media Kamis, 26 Oktober 2023.

"Mungkin niatannya kan ingin menarik simpatik kalangan santri dan dunia pesantren tapi justru malah seperti menunjukan tidak paham dunia pesantren itu sendiri, maklum saja," tuturnya.

Syukron lantas membandingkan bagaimana program pemberdayaan pesantren yang telah dilakukan oleh Calon Presiden Ganjar Pranowo saat menjabat Gubernur Jawa Tengah diantaranya program ekonomi pesantren (ekotren) yang telah digulirkan pada tahun 2018.

Ganjar Pranowo bahkan sudah menjalankan program-program serupa untuk mensejahterakan pesantren dan guru agama di Jateng.

"Program ini melibatkan santri untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren," Imbuh Syukron.

Bahkan, program nyata Ganjar menciptakan Ekotren di Jateng juga didukung dengan berbagai pelatihan. Lewat Dinas Koperasi Pemprov Jateng, santri mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usahanya. Tak sampai di situ, santri juga dibantu dengan pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat halal, dan permodalan.

"Belum lagi dengan diterbitkannya Surat Keputusan Gubernur Nomor 450.1/1 tahun 2021 tentang Forum Ekonomi Pesantren. Sebanyak lebih dari 4 ribu pesantren dan ratusan ribu santri di Jateng dapat dengan leluasa mengembangkan Tosaga bersama-sama, sehingga Ekotren terus berkembang," lanjutnya.

Ekotren pun menjadi salah satu program yang berperan dalam menurunkan perekonomian di Jateng. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan Jateng turun 0,32 persen poin.

Dari sebelumnya penduduk miskin sebanyak 11,25 persen (September 2021), menjadi 10,93 persen (Maret 2022). Ini berarti, penduduk miskin di Jateng berkurang 102,57 ribu orang, dari 3,93 juta jiwa menjadi 3,83 juta jiwa.

Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka memaparkan program unggulannya bersama calon presiden (capres) Prabowo Subianto saat penandatanganan deklarasi dukungan delapan ketua umum partai di Indonesia Arena, GBK, Rabu, (25/10).

"Mohon izin ya Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan, pertama Dana Abadi Pesantren," kata Gibran sambil mengangkat spanduk program tersebut disambut antusias ribuan pendukung dan relawan yang hadir di Indonesia Arena.