Yuk Intip Keseruan 5 Wisata Candi Paling Populer di Mojokerto

Mojokerto hadir dengan wisata seribu candi
Sudah tidak dapat diragukan lagi keberagaman budaya dan seni yang ada di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terdapat banyak sekali monumen-monumen bersejarah yang berada di provinsi tersebut, salah satunya candi.

Wisata Candi Tikus Mojokerto. Foto: kolase foto instagram @agratranswisata

Beranjak ke Jawa Timur, terdapat beberapa jenis dan bentuk candi yang unik yang terdapat disini. Adapun daerah yang menyumbang banyak sekali candi di Jawa Timur salah satunya adalah Mojokerto.

Candi-candi di Mojokerto memiliki nilai sejarah yang tinggi dan nilai seni ukir yang berkualitas. Tak heran jika sepanjang tahunnya wisata candi di Mojokerto semakin populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Penasaran bagaimana pesona candi-candi di Mojokerto? Berikut kami sajikan beberapa rekomendasi wisata candi yang paling terkenal di Mojokerto

Baca Juga : 3 Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak Paling Populer di Kediri.

1. Candi Tikus

Candi Tikus termasuk kedalam destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Candi ini memiliki bentuk seni pahatan yang unik menyerupai petirtaan yang masih dipertanyakan apa fungsinya.

Beberapa sejarawan menyebutkan bahwa kawasan candi ini dulunya dijadikan sebagai tempat pemandian para raja. Sementara pakar sejarah lainnya mengatakan bahwa kawasan candi ini dulunya dijadikan sebagai tempat pemujaan dewa.

Candi Tikus ini memiliki pesona pariwisata yang unik dan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja saat liburan ke Mojokerto.

Wisata Candi Tikur berada di Jalan Raya Trowulan, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

2. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo juga merupakan salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi wisatawan setiap akhir pakan. Candi Jolotundo ini berada di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Daya tarik dari candi ini adalah bangunannya yang begitu megah dan disela-sela bangunan bawahnya terdapat beberapa bolongan kecil yang mengalir atau keluar air dari sela-sela bolongan tersebut.

Konon, sumber mata air yang keluar dari Candi Jolotundo ini dipercayai memiliki sejuta manfaat, salah satunya bermanfaat bagi kecantikan yakni bisa membuat wajah dan kulit tampak awet muda.

3. Candi Jedog

Candi Jedog ini juga tak kalah uniknya dengan candi-candi lain yang terdapat di Mojokerto. Candi Jedog telah mengalami beberapa kali renovasi halaman depan atau tamannya yang semakin rapi.

Tempat wisata ini memiliki spot foto yang indah dengan lara belakang taman mini yang kecil dengan bangunan candi yang kokoh semakin menambah keestetikan jepretanmu.

Candi Jedog berada di Desa Wotanmas, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

4. Candi Kedaton

Tempat wisata menarik lainnya yaitu Candi Kedaton. Candi ini biasanya uga disebut dengan Sumur Upas. Candi Kedaton berada di Jalan Pendopo Agung, Sidodadi, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Saat sampai ke tempat ini, pengunjung akan melihat pemandangan alam yang begitu indah, hijau dan asri. Lokasi Candi Kedaton ini dikelilingi oleh hamparan rumput dan pepohonan di seklilingnya yang membuat suasana liburanmu akan menjadi sejuk dan nyaman.

5. Candi Kesiman

Candi Kesiman juga cukup populer ditelinga para wisatawan. Candi ini berada di Dusun Kesiman, Desa Kesiman Tengah, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Bangunan dari Candi Kesiman ini sangat unik dan berbeda degan candi lainnya, candi ini berbentuk benteng dengan sisi-sisi yang tertutup rapat samping dan bawahnya, berbeda dengan candi lainnya yang terbuka dan memiliki banyak celah untuk dimasuki.

Pesona Candi Kesiman ini menghadirkan pemandangan alam pegunungan Pacet yang indah dengan hamparan kebun warga setempat yang menyejukkan mata.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Tempat Wisata Terfavorit di Kediri Tahun 2023