Top 3 Tempat Wisata Alam Paling Hits di Temanggung Jawa Tengah

Gunung Kendil pernah jadi lokasi pelatihan militer masa penjajahan Belanda.
Kabupaten Temanggung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah terkenal sebagai Negeri Tembakau.
 
Gunung Kendil, Foto: Instagram @bellabaa_

TEMANGGUNG – Daerah ini dikaruniai alam yang asri dengan lanskap persawahan, pergunungan dan perbukitan hijau yang sangat mendominasi.

Semakin banyak terdapat tempat wisata buatan dan tempat rekreasi yang dikembangkan dengan berbagai konsep agar menarik wisatawan dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Ketika memutuskan untuk berlibur di daerah Jawa Tengah, tempat wisata yang dikunjungi tak terbatas hanya wisata Magelang, Semarang, dan Wonosobo saja.

Kabupaten Temanggung juga wajib masuk ke dalam list liburan, karena di daerah ini terdapat berbagai macam tempat wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Wisata Alam Posong

Tempat ini berada di kaki Gunung Sindoro, tepatnya di ketinggian 1.400 mdpl. Keindahan alam yang ditawarkan banyak membuat wisatawan berburu sunrise dan sunset di tempat ini.

Selain Gunung Sindoro, para wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat keindahan tujuh gunung lainnya yang populer di Jawa Tengah.

Adapun gunungnya adalah Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Muria, Gunung Ungaranm Gunung Merapi dan Gunung Telomoyo yang diselimuti kabut.

Berbagai spot foto yang kekinian sudah disiapkan, salah satunya gardu pandang, yang akan membuat fotomu terlihat semakin estetik.

Baca Juga: Ini Dia Biaya Liburan ke Pulau Karimunjawa

Tiket masuk ke Wisata Alam Posong mulai dari Rp 20.000 per orang dan buka setiap hari mulai dari pukul 04.00 sampai 16.30 WIB.

Lokasi Wisata Alam Posong berada di Area Sawah, Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Gunung Kendil

Bagi wisatawan yang suka dengan aktivitas mendaki, salah satu gunung yang terletak di Temanggung sangat cocok untuk ditaklukkan, yaitu Gunung Kendil.

Jalur pendakian di Gunung Kendil ini terbilang aman sehingga sangat aman jika didaki oleh wisatawan pemula yang belum pernah hiking dan ingin mencobanya.

Fakta menarik dari Gunung Kendil yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah pernah menjadi lokasi pelatihan militer pada masa penjajahan Belanda.

Selain itu, tidak jauh dari gunung ini, terdapat cagar budaya Temanggung yang menarik untuk dikunjungi.

Tiket untuk berkunjung ke Gunung Kendil juga terbilang murah, hanya Rp 10.000 saja per orang. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Adapun lokasi Gunung Kendil berasa di Desa Sibajag Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Sigandul View (Jembatan Kaca)

Tempat yang dinamakan Sigandul View adalah destinasi wisata terbaru di Temanggung. Spot yang menjadi andalannya adalah Jembatan Kaca Sigandul setinggi 12 sampai 15 meter di lantai dua.

Ketebalannya pun mencapai 12 milimeter, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai tempat berpijak.

Di tempat ini, kegiatan menarik yang perlu dilakukan adalag berswafoto di atasnya dengan latar belakang pemandangan hijau dan gunung yang sangat indah.

Di lantai bawah terdapat tempat bermain anak, taman kelinci serta kolam ikan koi. Selain itu tempat ini juga menawarkan penginapan jika ada wisatawan yang ingin menginap.

Tiket masuk ke tempat ini juga terjangkau, mulai dari Rp 15.000 per orang. Sigandul View juga buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Sigandul View berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Area Sawah, Kwadungan Jurang, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.