Ini Dia 2 Destinasi Wisata Alam Terpopuler dan Menarik di Trenggalek

Pantai Mutiara, hanya berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Trenggalek.
Menikmati hari libur tidak perlu-perlu jauh untuk mengunjungi luar negeri.
 
Pantai Mutiara Trenggalek, Foto: Instagram @lailanur_s

TRENGGALEK – Indonesia memiliki berbagai macam jenis wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, baik itu bersama keluarga ataupun teman.

Salah satu tempat yang harus dikunjungi untuk menikmati liburan adalah Kabupaten Trenggalek yang terletak di Jawa Timur.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Berikut ini 2 destinasi wisata alam yang populer dan menarik jika dikunjungi di Trenggalek.

Pantai Mutiara

Daerah Trenggalek juga terkenal dengan wisata bahari berpasir putih. Para wisatawan bisa mendapatkan destinasi wisata ini dengan mengunjungi pesisir selatan, dan salah satunya adalah Pantai Mutiara.

Pantai Mutiara berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai ini merupakan salah satu pesisir Prigi yang masih dalam satu kawasan dengan beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Prigi, Pantai Karanggongso.

Para wisatawan tidak akan begitu sulit untuk menemukan pantai ini, hanya berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Trenggalek. Atau menempuh waktu selama kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Biaya masuknya juga tidak terlalu mahal, hanya Rp 10.000 para wisatawan sudah dapat menikmati suasana indah Pantai Mutiara.

Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air lautn yang begitu biru. Pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk umum, seperti musala, kamar mandi, dan terdapat juga warung yang menjual berbagai ikan segar dari hasil tangkapan nelayan di sana.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Alam Terpopuler yang Sering Dikunjungi di Purwodadi Jawa Tengah 

Di Pantai ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berkanto, bermain banana boat, dan befoto di pantai yang indah ini. Selain itu, jika ingin melihat keindahan bawah laut pantai ini, para pengunjung bisa snorkeling, karena terumbu karang yang disuguhkan di pantai ini cukup terawat dan akan menemukan banyak jenis ikan yang berkeliaran.

Desa Wisata Pandean

Pandean merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

Walaupun masih tergolong destinasi wisata baru di Trenggalek, tempat ini menawarkan pengalaman wisata alam yang cukup komplit.

Saat mengunjungi Desa Wisata Pandean, para wisatawan bisa menikmati suasana yang sejuk khas pegunungan, sawah yang terhampar hijau, dan keunikan dari bebatuan sungai yang terbentuk secara alami memberikan kesan yang luar biasa dan sulit dilupakan.

Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas yang asik dan menyenangkan, yaitu river tubing di Sungai Konang yang airnya cukup jernih dan pastinya penuh tantangan.

Hal menarik dari susur sungai ini adalah, saat menyusuri ujung rute, para wisatawan dapat melihat air terjun tiga susun yang sangat indah.

Para wisatawan juga bisa mengikuti wisata budaya yang berupa atraksi Kothekan Lesung. Uniknya, atraksi kebudayaan yang khas ini sudah berusia lebih dari 150 tahun.

Desa Wisata Pandean ini juga menawarkan penginapan jika ada yang ingin menginap, bisa memilih menginap di area perkemahan atau menginap di rumah warga.