Alun-alun Surabaya yang Berada di Bawah Tanah jadi Destinasi Wisata yang Banyak Dikunjungi

Alun-alun Surabaya jadi alun-alun pertama yang berada di bawah tanah
Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di pulau Jawa dan menjadi ibu kota provinsi Jawa Timur.

Wisatawan Alun-alun Surabaya, Foto: Puji M. Arfi

SURABAYA - Di balik hiruk pikuk jalanan Kota Pahlawan ternyata ada alun-alun di tengah kota yang ramai dikunjungi.

Bahkan, Alun-alun Surabaya merupakan salah satu tempat wisata teramai dengan penduduk setempat dan wisatawan yang datang dari luar kota.

Alun-alun Surabaya tidak hanya tempat yang bersih dan indah, tetapi juga cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Alun-alun kota kerap menjadi salah satu tempat hiburan favorit warga. Biasanya alun-alun berada di tengah kota atau terdapat banyak ruang di jalan.

Namun siapa sangka, ternyata ada tempat yang sangat menarik di kota Surabaya, yaitu alun-alunnya yang berada di bawah tanah. Banyak wisatawan membagikan video atau foto tentang keindahan alun-alun bawah tanah Surabaya.

Alun-alun Surabaya merupakan spot foto paling populer di Surabaya. Bangunannya merupakan perpaduan antara klasik dan modern, yang meningkatkan kesan estetis ketika dipotret.

Untuk mencapai ruang bawah tanah ini, sebuah eskalator disusun di bawah atap kaca modern. Setibanya di alun-alun bawah tanah, berbagai karya seniman Surabaya dipamerkan sana dan bisa dinikmati.

Desain tempat ini terlihat sangat modern dan enak dipandang, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Lokasi bawah tanah ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tentunya pada masa pandemi Covid-19, tempat ini mengikuti praktik kesehatan yang ketat untuk meminimalisir resiko penyebaran virus Covid-19.

Luas alun-alun bawah tanah di Surabaya ini sekitar 3000 meter persegi. Daya tampung kawasan ini hingga 2000 pengunjung.

Masuk ke alun-alun bawah tanah ini gratis. Selain alun-alun bawah tanah, pengunjung juga bisa berfoto di tempat lain yang tak kalah keren, yakni Balai Pemuda.

Salah satu bangunan bersejarah tersebut merupakan peninggalan Belanda dengan bentuk arsitektur yang sangat khas. Jalan pejalan kaki cukup lebar, memungkinkan pengunjung untuk menikmati suasana tanpa hambatan.

Banyaknya foto atau video yang tersebar di jejaring media sosial membuat tempat ini semakin banyak dikunjungi orang dan menjadi tujuan wisata paling populer di Surabaya akhir-akhir ini.

Alun-Alun Surabaya berlokasi di Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.