Daftar Harga Charger iPhone Dan Ciri-Ciri Original iBox

Pembelian produk-produk KW perlu diminimalisasi
iPhone salah satu produk Apple yang harganya yang tidak sebanding mahalnya dengan keluaran produk smartphone lainya seperti Vivo, Oppo, Infinix bisa dikatakan harganya yang dibandrol lebih murah dari keluaran Apple.

Ilustrasi charger iPhone original. Foto: Freepik.

Tentunya bagi siapa mengunakan iPhone ini terlihat penampilannya lebih keren, apalagi dengan kebiasaan untuk memiliki produk unggulan yang pastinya bukan middle down.

Kini komponen dari produk perusahaan pencipta iPhone tersebut, sudah bayak sekali dipublikasi atau pemalsuan seperti charger iPhone.

Oleh karena itu, pembelian produk-produk KW perlu diminimalisasi. Pasalnya, alih-alih mendapatkan harga murah malah membuat celaka pengguna dengan membuat smartphone meledak.

Untuk masalah harga charger iPhone yang original tidak murah jangan sampai tergiur yang namanya harga murah, pasalnya berpotensi KW.

Mengutip dari laman resmi Apple berikut daftar harga charger iPhone yang original:

- Charger lama Apple Rp 350.000 tambah adapter Rp 300.000

- charger baru (USB-C) Rp 500.000

- hingga Rp 600.000.

Untuk mengetahui, sebelum memutuskan untuk membelinya, di artikel ini ada beberapa yang harus diketahui untuk charger original.

1. Diperhatikan dengan seksama kabel USB lightning, kabel ini yang memiliki garis emas yang utuh dan terasa halus saat diraba. Apa bila kabelnya palsu alias KW terlihat warna emasnya kabur dan ketika diraba terasa kasar.

2. Bobot chargel original lebih berat dibandigkan yang palsu atau KW sekitar 250 gram. Sementara yang palsu memiliki berat sekitar 200 gram, nampak jelas yang asli sangat mendukung daya juga lebih dari yang namannya bukan asli.

3. Pada ujung konektor USB sebagai penghubung dengan adaptor memiliki ciri khas, yaitu terdapat trapezoid interlock. Ciri khas ini memiliki bentuk garis putus-putus yang berjarak sama.

Disini perbedaan jika charger bukan original terdapat jaraknya yang tidak sama atau tak menentu, kemudian permukaan terasa kasar.

4. Kemudian simbul USB tidak timbul, Menurut Apple Support, pengguna bisa mengecek orisinalitas charger iPhone dengan mengecek simbol USB pada bagian adaptor lightning.

Simbol ini bersifat halus, tidak timbul atau samar-samar, dan tidak mudah memudar karena bergrafir laser yang jelas.

5. Bila untuk memastikan charger iPhone original ini, ada terdapat tulisan kusus dibagian kabel seperti, Designed by Apple in California, Assembled in China, Assembled in Vietnam, atau Industria Brasileira.

Selain itu, terdapat tulisan pada bagian kepala charger yang bahwa ini benar asli buka palsu. Tulisan tersebut berupa Designed by Apple in California, Made in China, Made in California atau Made in Vietnam.

6. Charger original juga memilki ukuran yang konsisten, hal ini menjadi tolak ukur yang bahwa charger itu original. Yang berukuran konsisten adalah 7,7 mm x 12 mm.

Selanjunya ada pula sisipan faceplate pada charger berwarna metalik atau abu-abu. Bila yang palsu, sisipan faceplate berwarna hitam atau putih.