Hari Anjing Sedunia 26 Agustus, Berikut Fakta Menarik Tentang Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan yang memberi keamanan hingga penyelamatan nyawa
Tanggal 26 Agustus merupakan hari Anjing yang diperingati seluruh dunia. Peringatan ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat terhadap jumlah ras anjing yang harus dilindungi dan diselamatkan.

Berbagai ras anjing. Foto: freepik.

TIMES.ID- Hari anjing sedunia dirayakan bukan hanya untuk melindungi ras anjing murni, tapi juga tentang memberi penghormatan kepada hewan luar biasa yang telah memberi keamanan hingga menyelamatkan nyawa.

Pencetusan hari anjing sedunia ini ditetapkan oleh seorang Advokat Hewan dan Ahli Gaya Hidup Hewan Peliharaan dan Keluarga, Collen Paige. Hari itu di berikan tepat pada hari pertama kali ia mengadopsi anjing keluarga. Hari Aanjing ini telah di berlakukan seluruh dunia, bahkan sudah ditulis dalam undang-udang di New York.

Di berbagai belahan dunia, setiap hari anjing mempertaruhkan nyawa dalam melakukan tugas baik, ada yang melindungi keselamatan manusia dengan mendeteksi bom, narkoba bahkan menyelamatkan korban dari reruntuhan bencana.

Selain menjadi hewan yang digunakan untuk keperluan militer, anjing juga kerap digunakan untuk mendapingi para penyandang disabilitas. Anjing memang sudah sepatutunya untuk kita lindungi dari ancaman dan harus dilestarikan.

Berikut fakta menarik dari aksi heroik bahkan penghargaan yang pernah dilakukan anjing.

Diketahui, anjing paling sukses di dunia adalah anjing dari pemburu Afrika, anjing mereka berhasil memburu 50 hingga 70 persen buruannya, bahkan mendapatkan rekor Guinness World Record untuk itu.

Untuk pemegang rekor selanjutnya, didapatkan dari anjing ras tertua di dunia dengan nama Saluki. Anjing ras tersebut berasal dari Mesir kuno pada 329 Sebelum Masehi (SM). Anjing tersebut menjadi hewan peliharaan kerajaan pada saat itu.

Di hari anjing sedunia ini, sudah seharunya kita mengetahui kisah anjing inpiratif di dunia.

Salah satu anjing pahlawan yang di akui dunia adalah Killian, seekor anjing yang menyelamatkan bayi manusia dari pelecehan seorang pengasuh.

Berawal dari Jordan dan Benjamin Hope yang memilki anjing yang bernama Killan. Jordan meninggalkan bayi nya bersama seorang pengasuh dan anjingnya pada sat ia bekerja.

Tidak disangka, ternyata pengasuh tersebut sering menampar dan menganiaya bayi nya. Killan selalu melindungi bayi tersebut dengan cara berprilaku agresif saat pengasuh mendekati bayi Jordan.

Hal tersebut akhirnya diketahui oleh Jordan saat dirinya curiga dan menaruh heanphone di sofa guna mendengar kejadian yang terjadi. Benar saja, permasalahan itu terungkap dan selama ini Killan sudah menyelamatkan anaknya.