Ajib! Eks Bupati & Wabup Abdya Bayar Murah Mobil Dinas Mewah Land Cruiser Prado Hingga Pajero Limited Edition

Mobil yang didem Bupati dan Wakil Bupati jauh di bawah harga pasaran
Setelah masa jabatan habis 14 Agustus 2022 lalu, eks Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati (Wabup) Muslizar menebus murah mobil dinas mewah. Istilah lain didem atau penjualan tanpa proses lelang.

Ilustrasi jenis mobil dinas mewah yang didem oleh bupati dan wakil bupati Abdya

BLANG PIDIE - Mobil mewah plat merah yang didem itu antara lain adalah Toyota Land Cruiser Prado yang biasanya digunakan oleh Bupati Akmal Ibrahim di daerah dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Limited, mobil dinas Bupati di Jakarta.

Untuk diketahui, Land Cruiser Prado ini adalah salah satu mobil kasta tertinggi di keluarga besar Toyota. Harganya miliaran rupiah.

Jika dilihat harga terbarunya saat ini, Land Cruiser Prado lebih mahal dibandingkan Toyota Vellfire yang didem oleh eks Wali Kota Lhokseumawe, yang sempat heboh belum lama ini. Karena sang Wali Kota Suaifi Yahya menebus mobil dinas tersebut dengan harga Rp 200 juta.

Jika Toyota Vellfire, harga barunya tahun 2022 sekitar Rp 1,3 miliar. Toyota Land Cruiser Prado di tahun 2021 saja mencapai Rp 1,4 miliar.

Mobil dinas mahal Bupati di Abdya itu bahkan didem jauh lebih murah dari pada mobil dinas Wali Kota Lhokseumawe. Hanya saja, sepi pemberitaan.

Selain Land Cruiser Prado, mobil dinas jenis Pajero kasta tertinggi, yakni Pajero Dakkar Limited didem lebih murah lagi. Di bawah Rp 50 juta. Yang bayarin kali ini eks Wabup Abdya Muslizar.

Jauh lebih murah dari mobil Fortuner yang didem oleh Wakil Wali Kota Lhokseumawe Yusuf Muhammad, yang membayar Rp 101 juta.

Lalu berapa sebenarnya harga persisnya Toyota Land Cruiser Prado dan Pajero Sport Dakkar Limited yang didem Akmal dan Muslizar? Lalu bagaimana tingkat kewajaran dan aturannya?