Gubernur Papua Puji Konsistensi Jokowi Gelar PON XX di Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang mendalam kepada Presiden Joko Widodo, yang terus konsisten menegaskan bahwa PON XX harus tetap dilaksanakan di Papua. 


Walikota Jayapura: Dr. Benhur Tomi Mano, Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar, Kapolda Provinsi Papua Brigjen Mathius D Fakhiri, Ketua LMA Papua: George Awi, dan Ketua Harian PB PON: Yunus Wonda memencet bersama tombol sebagai simbol Peluncuran Kemeriahan PON Papua XX di Kantor Sekretariat Sub PB PON, Jayapura, 11 September 2021. FOTO: IST

JAKARTA - Menurutnya, ini salah satu bukti Kepercayaan dan harapan besar Joko Widodo kepada Pemerintah dan Masyarakat Papua. Presiden Jokowi juga, menurutnya, memiliki visi besar, yakni tumbuhnya pembangunan di Papua, paska helatan Olahraga Nasional ini.


“Dalam beberapa rapat, banyak yang meminta kepada Jokowi agar PON di Papua tidak dilaksanakan dan dipindahkan, atau ditunda, tapi Presiden Jokowi mengatakan, tidak! Ini waktunya untuk menunjukkan kebanggaan Papua, dengan pelaksanaan PON disini”, Ujar Lukas Enembe, dalam pidatonya yang disaksikan oleh ratusan orang, di Papua Trade Center (PTC) Entrop, Jayapura.


Pidato tersebut disampaikan Gubernur Lukas Enembe dalam acara Peresmian Kantor Sekretariat SUB PB PON Kota Jayapura, dalam rangka penyiapan pengelolaan acara PON XX Tahun 2021 di Papua  (11/09/2021). Hadir dalam acara tersebut, Walikota Jayapura: Dr. Benhur Tomi Mano, Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar, Kapolda Provinsi Papua Brigjen Mathius D Fakhiri, Ketua LMA Papua: George Awi, dan Ketua Harian PB PON: Yunus Wonda, duduk berjejer dengan akrab dalam satu meja.


Dalam acara peluncuran kantor sekretriat Sub PB PON tersebut, Walikota Jayapura menyampaikan bahwa venue dan penyelenggaraan PON di Kota Jayapura telah siap. Dalam momen yang sama, Gubernur Lukas Enembe juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Presiden Joko Widodo dan seluruh bangsa Indonesia, untuk penyelenggaraa helatan nasional yang akan menjadi harga diri seluruh Papua ini, dan meminta seluruh masyarakat Papua dan para pemangku kepentingan untuk mendukung dan memastikan kelancaran pelaksanaannya.


Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar yang hadir dalam acara tersebut, juga memberikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo untuk Gubernur Lukas Enembe dan seluruh masyarakat Papua. Billy Mambrasar menegaskan bahwa penyelenggaraan PON XX di Papua, sesuai harapan Presiden Joko Widodo, bukan hanya harus sukses secara event, administrasi dan penyelenggaraan, tetapi juga memberikan dampak berganda 


"Oleh sebab itu selama 3 bulan ke belakang ini, saya berkeliling Papua untuk memastikan keterlibatan UMKM, dan juga keterlibatan masyarakat Papua dalam helatan ini, itu perintah Pak Jokowi. Harapan kami, PB PON di Level Provinsi dan di Kabupaten ini memastikan harapan Pak Presiden, agar orang asli Papua dapat dilibatkan lebih lagi di helatan ini, dapat tercapai”, Ujar Stafsus Presiden Billy Mambrasar ini.


PON XX Papua akan pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mendatang, mempertandingkan 37 cabang olahraga, di empat klaster penyelenggaraan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Kurang lebih 7,066 atlet akan mengikuti perhelatan tersebut, yang berasal dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.


Untuk mendukung terselenggaranya helatan tersebut, ada 8 pembangunan venue Olah Raga bertaraf Internasional dan pemerintah pusat telah menggelontorkan biaya APBN hingga sekitar Rp 950 miliar untuk pembangunan tersebut. Harapannya, setelah helatan PON, fasilitas tersebut dapat dipergunakan untuk membangkitkan giat ekonomi masyarakat Papua.