Ini Dia Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja 2023

Pada tahun 2023 ini, sebanyak satu juta kuota sudah dipersiapkan pemerintah.
Jika kamu ingin mendaftar Prakerja, maka pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2023 gelombang 48 resmi di buka di situs resmi www.prakerja.co.id.
 
Kartu Prakerja, Foto: www.prakerja.go.id

Program ini diciptakan dengan tujuan untuk mengembangkan skill bagi para pencari kerja di negara Indonesia.

Selain ditujukan kepada para lulusan baru yang ingin memasuki dunia kerja, Kartu Prakerja 2023 ini juga tertuju pada mereka yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tahun ini.

Pada tahun 2023 ini, sebanyak satu juta kuota sudah dipersiapkan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja 2023

Syarat pertama untuk mendaftar adalah WNI yang berusia minimal 18 tahun. Kedua, para pendaftar tidak sedang menempuh pendidikan formal dalam artian sudah lulus.

Ketiga, pendaftar merupakan warga negara Indonesia yang sedang mencari kerja, buruh yang di-PHK, buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah. Hal ini termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Keempat, warga yang ingin mendaftar bukan pejabat negara, pemimpin atau anggota ASN, TNI, DPRD, Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta komisari/direksi/dewan pengawas pada BUMD atau BUMN.

Syarat kelima, penerima bantuan Prakerja tidak dibenarkan diberikan kepada lebih dari 2 NIK dalam 1 KK.

Adapun cara mendaftar Kartu Prakerja tahun 2023 ini adalah sebagai berikut:

Membuat Akun Prakerja 2023

Langkah pertama adalah membuat akun Prakerja 2023 dengan cara masuk ke laman www.prakerja.go.id lalu klik menu daftar sekarang.

Selanjutnya pendaftar memasukkan alamat email aktif serta kada sandi yang digunakan. Tahap berikutnya melakukan verifikasi melalui email yang melakukan pendaftaran. Lalu pendaftaran pun berhasil dilakukan.

Bergabung ke Kartu Prakerja 2023

Adapun langkah untuk gabung ke Kartu Prakerja tahun 2023 adalah, pertama buka laman www.prakerja.go.id, kedua sediakan NIK beserta nomor Kartu Keluarga.

Selanjutnya menginput data diri dan mengikuti semua petunjuk yang sudah tersedia. Setelah melakukan input data, kemudian lanjut mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang dilakukan secara online.

Setelah itu klik “gabung” pada gelombang yang sedang dibuka pada saat itu.

Yang perlu diingat dan dicatat adalah, Kartu Prakerja tahun 2023 ini menetapkan kebijakan baru, yaitu memakai skema normal, bukan bansos.

Total intensif yang akan diberikan menjadi Rp 4,2 juta. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Dana pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, namun tidak bisa dicairkan tunai, intensif tunai sebesar Rp 600.000, dan intensif survei sebesar Rp 100.000.

Kuota yang sudah persiapkan pemerintah sebanyak satu juta orang akan dibagi ke dalam dua tahap.

Kuota tahap awal adalah sebanyak 595 ribu orang dengan anggaran Rp 2,67 triliun. Sedangkan kuota tahap kedua sebanyak 405 ribu orang dengan anggaran dana sebesar Rp 1,7 triliun.