Yuk Intip Wisata Telaga Warna Kawasan Dieng, Update Harga Tiket dan Jam Opersionalnya Disini

Yuk habiskan hari liburmu seru-seruan wisata hidden gem di Dieng
Siap yang belum kenal Dieng, salah satu daerah dataran tinggi yang berada di provinsi Jawa Tengah. Dieng ternyata menyimpan banyak sekali destinasi alam yang sangat indah, terutama wisata alam pegunungan dan danaunya yang indah.

Wisata Telaga Warna Foto: kolase foto instagram @telagawarnadieng

JAWA TENGAH - Setiap akhir pekan dan libur panjang, Daratan Tinggi Dieng tidak pernah sepi pengunjung. Banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara yang sering berkunjung dan berkemah selama berhar-hari disini. Karena memang tempat ini adalah surganya dunia dengan suasana alam pegunungan yang mampu merefresh kembali pikiran dan tubuhmu dari kelelahan bekerja selama sepekan.

Baca Juga : Destinasi Pegunungan Dieng Jadi Daya Tarik Pariwisata Terhits Tahun 2023

Salah satu yang menjadi target wisata di Dieng adalah Telaga Warna. Tempat wisata ini berada di Dataran Tinggi Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Danau ini memiliki daya tarik sendiri mulai dari warna mata airnya yang kehijauan.

Terdapat dua buah danau berdampingan di tempat ini. kedua danau tersebut memiliki warna mata air yang berbeda, satunya memiliki warna air yang hijau ketuaan, sementara satunya lagi berwarna hijau cerah seperti hijau toska. Adapun warna-warna dari danau tersebut bisa sewaktu-waktu berubah ketika terjadi pantulan atau pancaran dari sinar matahari. Menarik sekali bukan.

Adapun waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna ini adalah saat siang atau sore hari dengan cuaca yang normal. Jika kamu mengunjungi tempat ini saat musim hujan, kamu tidak akan bisa menikmati pemandangan alam dari danau ini karena akan tertutup atau terhalang dengan kabut awan yang tebal.

Kamu tidak perlu bosan atau khawatir akan kehabisan ide wisata saat berkunjung kesini, karena Telaga Warna ini tempatnya berdekatan dengan lokasi wisata lainnya seperti Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Selain itu, juga terdapat wisata gua seperti Gua Semar yang konon dipercayai sebagai tempat pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna. Didepan gua ini terdapat sebuah arca lukisan seorang wanita yang membawa kendi kecil.


Gimana makin penasaran kan, jadi tunggu apalagi segera ajak keluarga atau kerabatmu liburan kesini karena setelah santai-santai menikmati wisata Telaga Warna, kamu bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada disekitar Telaga Warna ini.

Jarak tempuh ke tempat wisata ini sekitar 1,3 kilometer saja dari pusat kabupaten Wonosobo. Atau tepatnya sekitar 5 menit perjalanan lagi jika kamu sudah menjumpai tulisan “welcome to Dieng Wonosobo” pastikan kamu memiliki kesehatan yang baik dan bekal yang cukup selama dalam perjalanan untuk berjaga-jaga apabila tidak tersedia akomoditas di pinggir jalan menuju kesini.

Tempat wisata Telaga Warna ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 06:30 – 16:00 WIB. Adapun untuk harga tiketnya sangat murah mulai dari Rp 22.00 saja untuk wisatawan domestik. Sementara untuk wisatawan mancanegara dipatok dengan harga sekitar Rp 164.000 saja (khusus weekend) dan sekitar Rp 117.000 saja (untuk hari biasa atau weekdays).