Top 3 Destinasi Wisata Terhits dan Favorit di Solo, Nomor 3 Lagi Viral

Budaya Batik Solo kini semakin terkenal sampai mancanegara
Solo merupakan sebuah daerah yang berada di Jawa Tengah, kota Solo sangat terkenal dengan daerah yang menyediakan akomodasi paling mudah di Indonesia, jika kamu mau berhemat tapi tetap bisa jalan-jalan, Solo lah tempatnya. Disini kamu bisa berbelanja dengan harga yang sangat terjangkau dari tempat lain di Indonesia.

Wisata Watik Solo Foto: kolase foto instagram @museumdanarhadi

JAWA TENGAH - Selain daerahnya yang memiliki biaya hidup murah, kota kelahiran Presinden Jokowi ini juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sangat mempesona mulai dari wisata alam sampai dengan wisata buatannya. Jadi tidak heran jika kota Solo sering dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata oleh para pelancong setiap tahunnya.

Tanpa berlama-lama, berikut kami sajikan beberapa tempat wisata terbaik dan paling viral di Solo, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga : Top 3 Wisata Paling Instagramable dan Lagi Viral di Malang 

1. Kampoeng Batik Laweyan

Tak perlu diragukan lagi, Pulau Jawa memang sangat dikenal dengan budaya batiknya yang begitu indah dan bernilai ekonomi yang tinggi. Bahkan di Jawa terdapat salah satu perkampungan yang gencar memperkenalkan seni batiknya untuk para wisatawan, khususnya mancanegara.

Kampung tersebut adalah Kampoeng Batik Laweyan. Masyarakat dan pemerintah setempat menjadikan kampung ini sebagai desa wisata, warga setempat sangat telaten dan memiliki jiwa seni membuat batik secara turun temurun.

Batik tersebut kemudian dijadikan pajangan dan pameran untuk ditampilkan kepada para wisatawan saat berkunjung. Tidak hanya itu, kualitas batik disini juga sangat bagus dan berhasil diekspor untuk dipasarkan ke luar negeri. Keren banget kan.

Tempat wisata ini berada di Jalan Dr. Rajiman, Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

2. Pasar Triwindu

Sayang sekali jika kamu melewatkan kunjungan ke Pasar Triwindu saat liburan ke Solo, kamu harus mengunjungi tempat ini terlebih dahulu sebelum liburanmu usai karena di pasar ini kamu bisa melihat-lihat barang antik dan sovenir dari kota Solo yang bisa kamu beli dan bawa pulang sebagai bentuk oleh-oleh atau kenang-kenangan selama perjalananmu ke Solo.

Terdapat berbagai macam barang antik yang bisa jadi koleksimu disini seperti televisi kuno, lampu hias klasik dan masih banyak lagi.

Pasar Triwindu berada di selatan kompleks Istana Mangkunegara atau tepatnya di sisi timur Boulevard yang mengarah ke gapura istana.

3. Museum Batik Danar Hadi

Jika sebelumnya kamu mengunjungi Kampoeng Batik Laweyan yang unik, sekarang kamu bisa melihat banyak sekali koleksi seni batik di Museum Batik Danar Hadi. Disini kamu akan diperkenalkan dengan beragam bentuk seni batik dari zaman nenek moyang sampai sekarang.

Museum Batik Danar Hadi ini didesain dengan menggabungkan perpaduan antara cagar budaya dengan seni batik nusantara, museum ini sudah beroperasi selama 16 tahun lamanya muali dari tahun 2008 sampai sekarang.

Jika kamu ingin berwisata edukatif kamu harus kunjungan kesini, karena selain liburan dan dapat spot-spot foto menarik, kamu juga akan semakin menambah wawasanmu tentang sejarah batik dan budaya Indonesia.

Museum ini berada di Jalan Slamet Riyadi, No. 261, Sriwedari, Laweyan, Solo. Museum ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga : Mau Liburan ke Ragunan, Cek Harga Tiketnya Disini