Taman Sari Jogja Jadi Objek Wisata Hits dan Ngetrend di Tahun 2023, Bagus Banget

Kunjungi wisata bersejarah di Jogja buat nambah-nambah pengetahuan plus spot foto bagus
Jika kamu suka dengan nuansa objek wisata bersejarah, kamu harus coba berkunjung ke Taman Sari Jogja. Di tempat ini kamu akan menyaksikan bangunan megah dan kokoh gaya Portugis dahulunya, selain itu bangunan ini juga kental akan budaya-budaya Jawa.

Taman Sari Yogyakarta. Foto: wisata_tamansari_yogyakarta

Dulunya, Taman Sari Jogja di bangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, yakni pada tahun 1758. Jadi jika kamu berkunjung kesini kamu akan melihat bekas puing-puing keraton lama.

Didalam bangunan ini terdapat beberapa bangunan bersejarah lainnya seperti kolam pemandian, danau buatan, lorong bawah tanah, kanal air, jembatan gantung dan sebagainya.Dulunya Taman Sari Jogja ini dijadikan sebagai tempat para sultan untuk menentramkan hati dan pikiran sambilan beristirahat sejenak, bangunan ini juga menjadi tempat rekreasi Sultan dengan keluarganya.

Baca Juga : Viral Harga Tiket Nimo Highland, Simak Bagi Yang Penasaran

Selain menjadi tempat healing kerajaan, Bangunan Taman Sari Jogja ini juga menjadi benteng pertahanan untuk menghadapi musuh dulunya. Arsitektur dari Taman Sari Jogja ini didesain langsung oleh seorang arsitektur asal Portugis, Demang Tegis.

Adapun lokasi wisata Taman Sari Jogja ini berada di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta. Jarak tempuhnya sekitar 300 meter sebelah barat Keraton Yogyakarta.

Taman Sari Jogja ini sudah mengalami renovasi yang sangat baik dan tata ruang yang bagus, disini terdapat fasilitas umum berupa area parkir yang luas, toilet, toko-toko sovenir, warung makan, dan pemandu atau tour guide. Jadi kamu tidak perlu khawatir berlibur kesini karena segala kebutuhanmu akan tersedia disini.

Saat mengunjungi tempat ini, kamu akan melihat pemandangan berupa bangunan-bangunan yang bagus dengan simbol Eropa – Jawa. Terdapat dua gapura di pintu masuknya yaitu Gapura Panggung dan Gapura Agung. Kemudian kamu akan menjumpai Gedung Konongo dan terowongan bawah tanah denagn pemandangan yang sangat fenomenal.

Baca Juga : Yuk Kepoin 3 Wisata Terbaru dan Populer di Pangandaran, Bikin Betah 

Kemudian, berjalan lebih jauh lagi kamu akan menemukan Sumur Gumuling. Sumur Gumuling ini menjadi tempat favorit para pengunjung karena ini bukanlah sumur biasa melainkan sebuah mesjid yang berada di bawah tanah. Wah keren sekali bukan. Sumur Gumuling ini memiliki pemandangan bangunan yang sangat estetik dan cocok untuk kamu jadikan spot foto menarik di sosial mediamu.