Rekomendasi 3 Tempat Healing Terbaru Kota Binjai 2023

Wiisata alam selera wisatawan kekinian
Binjai merupakan salah satu wilayah yang berada di provinsi Sumetera Utara, Indonesia.

Sawah Lukis Binjai. Foto: Kolase Foto Instagram @sawahlukis

Kota terbesar ketiga di Sumut ini, cocok dijadikan tempat healing bagi kamu yang lagi pusing dengan tuntutan kerja atau bosan berada dirumah saja.

Meskipun Binjai terletak dalam kawasan yang jauh dari lautan dan pegunungan, namun Binjai juga banyak menawarkan destinasi wisata alam yang sesuai dengan selera wisatawan masa kini.

Tak ayal, wisata ini menjadi incaran para wisatawan masa kini.

Berikut beberapa wisata terbaru yang bisa dijadikan sebagai tempat healing yang instagramable, cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman, antara lain:

Baca Juga: Ini Lho Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Pantai di Pacitan Yang Harus Dikunjungi

1.Sawah Lukis Binjai

Dibinjai ada kawasan ekowisata yang sangat menarik terbaru dan sedang menjadi incaran para wisatawan lokal maupun luar daerah, yakni Sawah Lukis Binjai.

Berlokasi di Jl. Pertamina, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Sesuai dengan namanya objek wisata ini berdiri ditengah-tengah hamparan sawah yang luas.

Terdapat 8 rumah bambu yang disebut dengan Melasti Bamboo House, dengan bentuknya yang unik dan vibesnya hampir serupa seperti di Ubud Bali.

Sawah Lukis Binjai memiliki ruang indoor dengan kapasitas 200 orang. Selain itu, juga tersedia ayunan, restoran, spot foto yang instagenik dan akomodasi lainnya.

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan disini, salah satunya naik skuter, berfoto ala selebgram, menikmati makanan dan minuman, serta nongkrong bersama teman dengan gaya aesthetic.

Menariknya lagi, objek wisata ini juga menyediakan paket Field Trip bagi anak-anak.

Sesampainya disana, mereka akan diberikan pengetahuan mengenai proses penanaman padi mulai dari semai hingga sampai terhidang di atas meja makan.

Setelah itu, anak-anak bisa melakukan aktifitas menarik lainnya seperti memberi makan ikan, dan belajar dekat dengan alam.

Pada saat musim tanam padi sudah dimulai, di sini kamu juga bisa melihat proses tanamnya secara langsung.

Skuter yang disewakan bisa kamu gunakan untuk berjalan dijalan pinggir sawah tersebut, sembari menikmati keindahan sunset dan panorama ketika senja menyapa.

Kerlap-kerlip cahaya lampu mampu menghiasi malam kamu ketika berada dilokasi ini.

Pasalnya hampir tidak ada kendaraan yang melintas di area ini. Sehingga suasana tenang, tentram dan damai bisa kamu rasakan ketika berkunjung ketempat ini.

Fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap, seperti area parking, mushola, free area swafoto, free duduk disaung, gazebo dan toilet.

Ada salah satu menu paling menarik yang paling diminati oleh para wisatawan. Penasran bukan?
Menu tersebut adalah sajian makanan yang disajikan dengan menggunakan rantangan.

Jadi vibes makan siang ala pak tani ditengah sawah bisa banget kamu rasakan ketika berada disini.

Untuk memasuki area Sawah Lukis Binjai ini, kamu harus membayarkan uang parkir saja.

Adapun biaya parkir tersebut Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Objek wisata ini beroperasi setiap hari, jika pada hari biasa dibuka mulai pada pukul 09:00 WIB - 21:00 WIB.

Sedangkan pada saat weekend dibuka pada pukul 07:00 WIB - 21:00 WIB.

2. Kakuta Binjai

Bagi kamu yang ingin staycation ditengah sawah, bisa banget berkunjung ke Kakuta Binjai.

Kakuta dan Sawah Lukis hanya berjarak 400 meter saja.

Masih dalam kawasan yang sama, yakni di Jl. Pertamina, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Lokasi ini hanya 12 menit dari pintu tol Kota Binjai.

Disini kamu akan menemukan 3 bangunan dengan arsitektur unik bergaya Eropa klasik middle east.

Banyak spot foto yang instagenik juga lho dilokasi ini. Dan juga cocok banget dijadikan tempat nongkrong aesthetic.

Terdapat juga villa penginapan yang berada ditengah-tengah sawah, villa tersebut mampu menampung kapasitas sebanyak 11 orang.

Sama seperti villa pada umumnya yang menyediakan fasilitas begitu lengkap, mulai dari tv, kamar mandi, ac, dan perlengkapan lainnya.

Disisi luar villa ada balkon rooftop yang dijadikan sebagai tempat bersantai disore hari.

Kamu bisa bawa makanan sendiri dari rumah atau langsung pesan direstoran sekitar area, yang menawarkan aneka makanan dan minuman yang menyegarkan.

Kuliner tersebut bisa dinikmati sembari menikmati pemandangan sawah yang menghijau.

Tak jauh berbeda dengan Sawah Lukis, di Kakuta kamu juga bisa menikmati sunset indah pada saat senja tiba.

Walaupun lokasinya berada ditengah sawah, cahaya lampu yang dipasang di sekitar area menjadikan lokasi ini begitu terang.

Sehingga pemandangan yang ditampilkan pada malam hari juga tak kalah menarik, jika dibandingkan dengan panorama di siang hari.

Tempat wisata ini sangat cocok apabila dikunjungi bersama keluarga ataupun teman.

Berbagai macam perkumpulan juga bisa diadakan dilokasi ini, seperti reunian, bukber, birthday party, atau acara-acara besar lainnya.

Tak perlu takut kepanasan, karena Kakuta juga membuat hujan buatan yang bisa menurunkan suhu panas agar pengunjung bisa duduk dengan nyaman di bawah resto tersebut.

Beroperasi setiap hari, pada hari biasa dibuka pada pukul 09:00 WIB - 22:00 WIB. Sementara pada saat weekend dibuka pada pukul 07:00 WIB - 22:00 WIB.

Fasilitas dilokasi ini cukup lengkap, seperti tempat parkir, spot foto, mushola, karaoke area, confortable zona, dan lainnya.

Baca Juga: Top 3 Wisata Pegunungan 2023 Jawa Timur Pasuruan yang Paling Sering Dikunjungi

3. Wisata Jona Garden

Balinya Binjai nih besti. Wisata Jona Garden adalah salah satu wisata rekreasi kota Binjai. Yang memiliki luas sekitar 8 hektar.

Jaraknya hanya 22 km saja dari kota medan. Terletak di Emplasmen Kwala Mencirim, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Terdapat banyak wahana bermain, dan hiburan, seperti karaoke area atau live music, flying fox, waterpark, bianglala, istana balon, odong-odong, kora-kora, atv, dan wahana lainnya.

Untuk memasuki area ini kamu perlu bayar tiket masuk yang berbeda sesuai hari kunjungannya.

Pada hari Senin-Jumat harga tiket masuk dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa.

Sementara pada weekend dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 untuk dewasa.

Wisata Jona Garden dibuka setiap hari, pada hari Senin - Jumat dibuka pada pukul 10:00 WIB - 22:00 WIB. Sedangkan pada Sabtu-Minggu dibuka pada pukul 07:00 WIB - 22:00 WIB.

Adapun biaya parkirnya berbeda sesuai jenis kendaraan, untuk biaya parkir motor dikenakan sebesar Rp5.000, Rp10.000 untuk mobil dan Rp50.000 untuk biaya parkir bus.

Setelah membayar tiket masuk kamu sudah mendapatkan pondok secara gratis, dan juga diperbolehkan bawa makanan dan minuman dari luar

Terdapat juga kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak. Sehingga wisata ini sangat cocok untuk kleuarga.

Spot foto yang disediakan juga cukup Instagramable sehingga bisa menambah posting yang menarik di akun sosial media kamu.

Disepanjang jalan kamu juga akan dibuat takjub oleh aliran sungai dengan hiasan tanaman yang menghijau.

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap mulai dari villa, area parkir, mushola, wahana permainan dan fasilitas lainnya.