Ini Lho Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Pantai di Pacitan Yang Harus Dikunjungi

Pantai di wilayah Pacitan Jawa Timur bak Pantai Raja Ampat
Tak perlu jauh-jauh ke Papua di artikel ini akan dijelaskan beberapa destinasi wisata pantai yang sangat menarik yang berada di Pacitan.

Pantai Kasap Pacitan. Foto: Kolase Foto Instagram @explorepacitan

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.
Beribu kotakan Pacitan Kota, berbatasan dengan kabupaten Ponorogo, Trenggalek, dan Wonogiri.

Pacitan juga merupakan tempat kelahiran Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Daerah ini disebut juga sebagai Kawedanan Pacitan pada zaman Hindia-Belanda dulu.
Kawasan ini juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang unik-unik dan menarik.

Beragam jenis wisata bisa didapatkan ketika berkunjung ke Pacitan, mulai dari wisata alam, wisata rekreasi, wisata budaya, wisata kuliner, wisata edukasi dan wisata-wisata menarik lainnya.

Namun artikel kali ini akan membahas khusus tentang wisata alam, yakni wisata pantai.

Berikut 4 destinasi wisata pantai yang harus kamu kunjungi ketika datang ke Pacitan, antara lain:

1. Pantai Watu Karung

Pantai pertama yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Watu Karung Berada di Desa Pringkuku, Kecamatan Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Pantai Watu Karung memiliki hamparan pasir putih yang memukau dengan garis pantai sangat panjang.

Pantai yang dikelilingi oleh bukit ini, sangat patut untuk dijadikan spot berfoto yang instagenik. Apalagi ketika menyaksikan matahari terbit dari atas bukit, wisatawan akan dibuat takjub oleh keindahan pemandangan alam sekitar pantai ini.

Ombak yang dimiliki oleh pantai ini begitu tinggi dan juga gerakan angin yang begitu kencang, sehingga sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang punya hobi berselancar untuk datang ke lokasi ini.

Bagi pengunjung yang ingin mengeksplor segala objek wisata yang ada disekitar area, sangatlah mudah, hal ini dikarenakan di sekitar pinggir pantai juga tersedia penginapan.

Tak hanya itu, untuk mengatasi rasa lapar pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai macam makanan dan minuman yang ada di warung-warung sekitar pantai.

Makanan dan minuman tersebut bisa dinikmati sembari melihat pemandangan Pantai Watu Karung.

Harga tiket masuk ke lokasi hanya sekitar Rp5.000 - Rp10.000/orang, dengan harga segitu anda sudah bisa explore keindahan sekitar pantai.

Pantai ini beroperasi setiap hari dan tanpa batasan waktu, yakni selama 24 jam.

Demi kenyamanan dan keamanan para wisatawan yang berkunjung, objek wisata ini menyediakan fasilitas lengkap berupa, musholla, toilet, warung makan, parkiran, dan juga beberapa akomodasi penginapan.

2. Pantai Klayar

Pantai rekomendasi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Klayar. Memiliki hamparan pasir putih yang luas, kekuatan ombak yang sedang dan air laut yang sangat jernih.

Pantai ini berada di Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan

Pantai Klayar dikelilingi oleh tebing yang tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan spot untuk menikmati pemandangan pantai dan matahari terbenam dari atas tebing tersebut.

Tersedia juga berbagai macam fasilitas yang diperlukan oleh wisatawan berupa, toilet umum, mushola, warung makan, parkiran dan fasilitas lainnya.

Nikmati berbagai macam spot dan sudut instagenic Pantai Pacitan terbaru satu ini untuk perjalanan liburan tak terlupakan.

Untuk memasuki area pantai anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 untuk dewasa.

Wisatawan dapat menikmati objek wisata ini kapan saja. Karena lokasi ini dibuka setiap hari dan selama 24 jam.

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo merupakan pantai yang mempunyai pesona indah bagaikan surga yang tersembunyi, dengan hamparan pasir putih yang bersih berkilau.

Pemandangan dan warna laut yang cerah, biru kehijauan mampu membius para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata ini.

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jika berangkat dari Pusat Kota Pacitan perkiraan jarak tempuh sekitar 40 km saja.

Adapun harga tiket masuk wisata ini dibanderol dengan harga Rp10.000 perorang, tiket ini belum termasuk biaya parkir.

Fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap seperti, mushola, toilet, warung makan, alat snorkeling, parkiran dan lain sebagainya.

Pantai ini beroperasi setiap hari dan tanpa ada batasan waktu alias 24 jam.

4. Pantai Kasap

Pantai Kasap merupakan pantai yang diapit oleh dua bukit dengan keunikannya.

Berlokasi di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Pacitan.

Wisatawan dapat melihat panorama beberapa pulau kecil yang tersebar disekitar area, sehingga pantai ini juga disebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan.

Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan sunset dari atas bukit tersebut.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari parkir kendaraan, warung makan, toko souvernir, bahkan juga ada menyediakan penginapan.

Pantai ini beroperasi setipa hari dan selama 24 jam, untuk harga tiket masuk hanya dikenakan sebesar Rp7.000 belum termasuk biaya parkir dan biaya-biaya lainnya.