Rekomendasi 3 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berlibur ke Surabaya

Rawon jadi makanan khas Surabaya paling diincar wisatawan
Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur menyimpan kuliner yang khas dan rasanya enak.
 
Rujak Cingur Surabaya, Foto: @rujakcingur_suroboyo

SURABAYA - Bagi yang berlibur di Surabaya, jangan sampai melewatkan daftar makanan yang menjadi andalan kota ini. Terletak di wilayah Jawa Timur, kota ini memang terkenal dengan berbagai kulinernya.

Setelah puas berwisata ke beberapa destinasi wisata yang menarik dan menyenangkan, alangkah baiknya langsung mencicipi kuliner khas Surabaya.

Berikut 4 kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba saat berlibur:

Lontong Balap

Lontong Balap wajib dicoba saat liburan di Surabaya, kuliner yang satu ini sudah melegenda sejak tahun 1956. Rasanya yang gurih dan nikmat, membuatnya jadi kuliner yang sangat diburu oleh para wisatawan.

Lontong Balap ini terdiri dari tahu dan kecambah yang diberi sambal dan bawang merah spesial. Salah satu warung makanan ini yang terkenal di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Garuda.

Rawon Setan

Saat liburan ke Surabaya, kuliner yang wajib dicoba adalah Rawon. Rawon yang paling terkenal di Surabaya adalah Rawon Setan, karena rasanya yang gurih dan pedas.

Rawon ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah hitam pekat. Rawon setan paling enak disantap dengan nasi putih panas.

Makanan khas Surabaya ini tentunya tidak boleh dilewatkan, karena dijual atau dapat ditemukan di setiap sudut Kota Surabaya.

Tahu Campur


Tahu campur jadi salah satu makanan khas Surabaya yang sangat diminati oleh para wisatawan. Meski masakan ini juga bisa ditemukan di daerah lain, tapi tahu campur yang ada di Surabaya ini berbeda.

Tahu campur khas Surabaya menggunakan kuah soto, bukan bumbu kacang seperti di tempat lain. Dalam satu porsi Tahu Campur terdiri dari mie, kol, tauge, petis, tahu lalu ditambah kuah soto kuali.

Rujak Cingur

Tak lengkap rasanya jika datang ke Surabaya tanpa menyantap Rujak Cingur, yang jadi salah satu kuliner khasnya. Wisatawan yang datang tidak perlu khawatir, karena akan dapat menemukan makanan di ini di setiap sudut Kota Surabaya.

Rujak Cingur di Surabaya ini hampir sama dengan rujak pada umumnya, terdiri dari aneka sayuran dan diberi bumbu kacang yang nikmat. Namun yang membedakannya adalah bahan utamanya adalah cingur atau hidung sapi.