Rekomendasi 2 Wisata Terbaik yang Cocok untuk Bersantai di Baturaden Purwokerto

Curug Bayan hadir dengan fasilitas air terjun terlengkap di Baturaden
Baturaden terletak di Banyumas, Jawa Tengah. Wilayah ini berada di lereng Gunung Slamet bagian selatan dan ini dikenal sebagai kawasan wisata yang menarik.

Curug Lawang, Foto: Instagram @kangtriezz

PURWOKERTO - Daya tarik utama dari Baturaden adalah udaranya yang sejuk, sehingga menjadi daya tarik di beberapa objek wisata. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan ini.

Baturaden merupakan sebuah kecamatan kecil di Kabupaten Banyumas yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Bahka banyak wisata Baturaden yang terkenal di luar kota dan selalu penuh saat hari libur.

Keindahan alamnya menjadi daya tarik utama yang akan ditemukan di setiap destinasi wisata yang ada. Jadi cocok sekali untuk para wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas yang dijalani.

Berikut ini 2 destinasi wisata terbaik di Baturaden yang cocok untuk bersantai, atau jadi tempat healing untuk menghilangkan beban masalah yang ada di dalam pikiran.

Curug Lawang

Air terjun alami ini memiliki daya tarik karena berada di dalam gua, sehingga memasuki air terjun serasa berjalan melalui sebuah pintu atau lawang. Dari air terjun, ketinggiannya mampu mencapai 25 meter.

Lokasinya tepat berada di atas Sendang Bidadari, sendang sendiri adalah sebuah kolam di pegunungan. Air yang berada pada air terjun ini berasal dari Curug Telu. Sendang Bidadari ternyata juga sering dijadikan sebagai tempat ritual atau meditasi.

Untuk suasananya sendiri, air terjun ini cukup asri, indah dan tenang, sehingga kawasan ini jadi tempat pereda stres atau pelepas penat. Di sana para pengunjung bisa menyelam ke air tawar dan juga bersenang-senang karena pemandangan air terjun ini sangat indah.

 Untuk harga tiket masuk para wisatawan hanya perlu membayar Rp 5.000 saja per orang. Curug Lawang ini buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. 

Tempat wisata Curug Lawang di Banyumas Jawa Tengah ini terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Timur.
Curug Lawang bisa di tempuh dalam jarak 14 km atau dalam waktu 30 menit dari pusat Kota Purwokerto. 

Curug Bayan

Jika biasanya air terjun berada di tengah hutan dengan fasilitas yang minim, hal ini berbeda dengan Curug Bayan. Curug ini menawarkan fasilitas yang lengkap seperti Curug Maribaya, salah satu ikon wisata terbaik di Bandung.

Para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 7 meter ini, tapi juga dapat beristirahat dengan tenang. Karena ada fasilitas restoran yang menawarkan berbagai makanan yang sangat lezat.

Tidak ketinggalan pula fasilitas penginapan yang ditawarkan menghadap ke sungai dan alam sekitarnya. Hal ini siap memanjakan waktu berlibur. Pilihan ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menginap bersama keluarga atau teman.

Tiket masuk kawasan Curug Bayan ini berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung pilihan.

Lokasi Curug Bayan ini berada di Jalan Kalipagu Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturaden. Jika tidak menginap, air terjun ini bisa dinikmati antara pukul 07.30 hingga pukul 16.30 WIB setiap harinya.