Puncak Geurutee, Destinasi Wisata Paling Hits yang Menghadirkan Pesona Samudra Hindia di Aceh Jaya

Bermain dengan monyet sambil menikmati kopi di Puncak Geurutee adalah kegiatan yang unik.
Puncak Geurutee adalah kawasan pegunungan yang berada di Aceh, lebih tepatnya terletak di Kabupaten Aceh Jaya.
 
Puncak Geurutee, Foto: Puji M. Arfi

ACEH JAYA – Puncak Geurutee ini seringkali jadi tempat persinggahan para pengendara, karena pesona alamnya menawarkan keindahan lautan dan pulau secara bersamaan.

Kabupaten Aceh Jaya ternyata banyak menyimpan kekayaan alam yang begitu mempesona, baik berupa pegunungan maupun pantai, salah satunya adalah Puncak Geurutee.

Meskipun pada tahun 2004 dulu sempat dilanda bencana tsunami, akan tetapi panorama alam yang ditawarkan kabupaten ini selalu memikat para pengunjung dari berbagai daerah.

Puncak Geurutee ini selalu saja dibanjiri oleh pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Destinasi Wisata Pantai yang Populer di Aceh Selatan 

Puncak ini terletak di Gunung Geurutee, gunung ini menjadi salah satu gunung yang selalu dilintasi banyak kendaraan, sebab jalan ini merupakan jalan nasional yang menghubungkan kabupaten satu dan lainnya di Aceh.

Tempat ini juga merupakan kawasan favorit bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan laut dan pulau.

Puncak Geurutee secara administratif terletak di perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Besar.

Jika wisatawan datang dari Banda Aceh yang merupakan ibu kota Provinsi Aceh, maka harus menempuh jarak sekitar 66 kilometer atau 1 jam 25 menit.

Akses untuk menuju tempat wisata ini juga cukup mudah, sebab jalannya sudah diaspal dengan sangat baik, sehingga memudahkan wisatawan dalam perjalanan.

Namun, ketika para wisatawan memasuki kawasan Gunung Geurutee, pengendara harus berhati-hati dikarenakan jalannya yang berkelok, serta terdapat juga beberapa tikungan yang tajam dan tanjakan yang curam.

Baca Juga: Air Terjun Ceuraceu Krueng Batee, Surga Tersembunyi di Belantara Hutan Aceh Barat Daya 

Walau jalannya sudah termasuk baik karena sudah diaspal, namun jalur di kawasan Gunung Geurutee terbilang ekstrim. Di sisi jalan, para pengendara langsung berhadapan dengan jurang serta tebing yang rawan longsor ketika musim hujan.

Kawasan ini jadi bagian dari Hutan Ulu Masen yang merupakan paru-paru dunia di wilayah Aceh. Fasilitas yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke Puncak Geurutee juga terbilang cukup lengkap.

Di tempat ini wisatawan bisa menemukan cafe yang dibangun tepat di samping jurang. Saat sedang beristirahat di cafe ini, wisatawan akan mendapatkan view yang memukau, yaitu lautan dengan beberapa pulau yang menawan.

Selain itu juga tersedia area parkir yang ada di tiap cafe sepanjang pinggir jalan Puncak Geurutee. Terdapat juga mushola dan masjid yang bisa dipakai wisatawan yang beragama Islam untuk beribadah.

Selain tempat beristirahat, ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Puncak Geurutee, seperti menikmati keindahan alam sambil menikmati kopi dan Mie Aceh, hunting foto, hingga bermain dengan monyet.

Kegiatan terakhir ini memang terbilang unik, sebab ketika berkunjung ke Puncak Geurutee wisatawan akan banyak menemukan monyet.

Menikmati secangkir kopi dan alam saja tak lengkap rasanya jika tidak bermain dengan kera yang hidup di sekitar area tersebut.

Wisatawan tak perlu khawatir, satwa yang hadir di tempat wisata ini terbilang jinak karena sering berinteraksi dengan manusia di Puncak Geurutee.

Sehingga tidak akan mengganggu para wisatawan yang datang ke Puncak Geurutee. Akan tetapi para wisatawan juga diminta untuk berhati-hati dengan barang bawaannya sendiri, agar tidak ada monyet yang membawanya lari.