Pantai Klayar jadi Destinasi Wisata Terfavorit di Pacitan Jawa Timur

Wisatawan dapat menemukan kerang Mollusca dan bintang Echinodermata di Pantai Klayar
Pantai Klayar merupakan pantai dengan pasir putih dan batu karang serta banyak tebing yang terdapat di sekitarnya.
 
Pantai Klayar Pacitan, Foto: Instagram @nanisartika89

PACITAN - Pantai yang sangat indah ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Selain itu juga berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai ini terletak tepat di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Jaraknya kurang lebih 40 kilometer ke arah barat dari Kota Pacitan. Pantai ini masih terhubung atau segaris dengan Pantai Teleng Ria yang lebih dulu dikelola sebagai tempat wisata.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Wisata Bahari Terpopuler di Wonogiri Jawa Tengah 

Pantai Klayar punya air laut yang biru dan ombak yang besar, sehingga di pantai ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Pepohonan kelapa yang tumbuh dan ada gubuk-gubuk yang beratap daun kering menghiasi pesisir pantai. Terdapat juga karang-karang di wilayah pasang surut yang terlihat masih terjaga dengan alami.

Hal menarik yang bisa dilakukan wisatawan adalah, dapat berjalan di sepanjang karang-karang untuk menemukan kerang Mollusca dan bintang Echinodermata. Selain itu, di sepanjang bebatuan tumbuh rumput laut yang menambah keindahan pantai ini.

Wisatawan juga bisa melihat penduduk setempat memanjat pohon kelapa untuk mendapatkan air deresan, yaitu bahan baku untuk pembuatan gula jawa, atau sekedar menyajikannya langsung kepada wisatawan dan bisa dinimati sambil melihat keeksotisan alam Pantai Klayar.

Sebaiknya, sebelum masuk untuk menikmati keindahan dan suasana Pantai Klayar, wisatawan tentunya harus membeli tiket terlebih dahulu. Tarif masuk ke tempat destinasi wisata pantai ini cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Harga tiket masuk atau HTM wisata Pantai Klayar di kawasan Pacitan hanya Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa. Sedangkan harga parkir kendaraan di Pantai Klayar adalah Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk bus.

Baca Juga: Menjelang Imlek, Berikut Fakta Unik dari Pecinan Lasem yang Terletak di Rembang Jawa Tengah 

Harga tiket ini sudah diterapkan sejak 15 Februari 2021 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Harga tiket juga ditentukan berdasarkan Keputusan Bupati Pacitan Nomor: 188.45/151/KPTS/408.12/2021 tentang Pencabutan Pengurangan Beberapa Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Pacitan.

Apabila ingin melakukan kunjungan ke Pacitan lebih dari satu hari, atau perjalanan yang ditempuh relatif jauh, pastinya akan banyak yang membutuhkan tempat untuk beristirahat.

Di Pacitan wisatawan bisa menemukan beragam akomodasi penginapan atau hotel yang harganya relatif murah dan terjangkau. Harganya mulai dari Rp 65.000 per malam sampai Rp 250.000 per malamnya.