Monas Jakarta Objek Wisata Menarik di Akhir Pekan

Monumen Nasional bersejarah Indonesia patut dikunjungi
Bingung mau ngabisin waktu weekendnya kemana? Tak perlu jauh-jauh di Pusat Kota Jakarta ada salah satu objek wisata yang sangat cocok untuk menikmati akhir pekan mu. Simak berikut penjelasannya.

Monumen Nasional Jakarta. Foto: Kolase Foto Instagram @andrearrasuli

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, adat istiadat, budaya, agama, tempat wisata dan lainnya. Keanekaragaman tersebut bisa dijumpai di seluruh daerah provinsi Indonesia, seperti daerah Jakarta.

Jakarta adalah salah kota yang berada di pulau Jawa dan dikenal dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia dan juga salah satu kota terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, Jakarta juga dikenal dengan kota metropolitan, tentu saja banyak terdapat bangunan-bangunan yang besar nan megah.

Berbagai macam wisata juga tersedia di kota besar ini, salah satunya Monumen Nasional (Monas) yang sangat terkenal dengan keelokannya.

Monas berdiri pada bulan Agustus tahun 1959, yang diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1961. Kemudian Monas mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Baca Juga: Ini Dia Kondisi Terbaru PLTD Kapal Apung Januari 2023, Saksi Bisu Tsunami 2004 di Kota Banda Aceh

Memiliki tinggi sekitar 132 meter yang berada di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat.

Terletak di Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tugu Monas didirikan untuk memperingati perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Monas juga menjadi simbol untuk membangkitkan semangat patriotisme bagi generasi Indonesia.

Selain itu, Monas juga digunakan sebagai objek wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia.

Tugu Monumen Nasional memiliki konsep arsitektur dengan ciri khas yang unik. Tepat di puncaknya terdapat tugu berwarna kuning emas mendeskripsikan api yang tak kunjung padam.

Tugu yang berbentuk seperti lidah api atau obor ini dilapisi dengan emas 50 kg, memiliki tinggi sekitar 14 meter dan terdiri dari 77 bagian yang disatukan.

Puncak tersebut merupakan simbol semangat perjuangan Indonesia yang tidak boleh padam.

Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan ketika berkunjung ke Tugu Monas ini, mulai dari berolahraga, atraksi air mancur, menikmati kuliner, membeli souvernir, menikmati seni rupa dan kegiatan lainnya.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap, mulai dengan toilet umum, musholla, tempat makan dan minum. Setibanya disana anda akan menemukan 400 buah lampu led yang terpasang di setiap sudut taman. Lampu ini akan terlihat begitu menawan jika anda berkunjung di malam hari.


Tak sulit untuk menuju ke lokasi tersebut, bagi anda yang ingin berkunjung bisa menggunakan Bus Transjakarta yang tujuan Kota-Blok M atau Pulogadung.

Lalu turun di halte Monas, setelah itu anda bisa berjalan kaki selama 2 menit menuju Monumen Nasional.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Hotel Dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta CGK

Diketahui Monas boleh dikunjungi oleh siapa saja.

Tidak ada batasan usia untuk berkunjung ke Monas. Hanya saja ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh pengunjung. Seperti:

1. Tidak diperbolehkan makan dan tiduran di area Tugu Monas.

2. Tidak membuang sampah sembarangan.

3. Mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di area Monas.

Adapun harga tiket masuk area ini mulai di banderol dengan harga Rp40.000, namun ada beberapa area yang tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Pembelian tiket masuk ini bisa dilakukan dalam 3 waktu yakni pagi, siang, dan malam. Namun perlu diketahui pembelian tiket hanya berlaku sesuai pada waktu pembeliannya saja.

Tugu Monas buka pada hari Selasa-Minggu, mulai beroperasi pada pukul 06:00 WIB-16:00 WIB.

Nah tunggu apalagi tak perlu bingung untuk mengisi akhir pekan dan weekend kamu, hanya dengan berkunjung ke Monas kamu sudah bisa menikmati keindahan Kota Jakarta dari tugu puncaknya.

Apalagi bagi para wisatawan luar kota yang baru berkunjung ke Jakarta, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Terlebih lagi, objek wisata ini memiliki makna yang luar biasa mengenai perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dalam tangan para penjajah.